Health

Penyebab Bentuk Tubuh Masih Seperti Saat Hamil Paska Melahirkan

By  | 

Perubahan tubuh paska melahirkan seringkali tak secepat yang Anda bayangkan sebelumnya. Hingga seringkali Anda masih disangka hamil.

Kondisi ini mungkin membuat Anda jadi bertanya-tanya, “Kok bentuk tubuh saya terlihat seperti masih hamil, ya? Kenapa perut saya masih terlihat seperti hamil, ya?”

Perlu Mamas pahami bahwa Anda tak sendiri mengalami hal ini. Sebagian wanita memang bisa langsung kembali memiliki perut yang rata tak lama setelah melahirkan. Namun masih banyak juga wanita lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali seperti sedia kala.

“Banyak faktor yang memengaruhi cepat lambatnya perut dapat kembali normal paska persalinan. Misalnya seperti berat badan Anda sebelum hamil, usia, faktor genetis, besarnya bayi, kondisi menyusui, dan apakah Anda bersalin secara normal atau Caesar,” Jelas Jason James, MD, Direktur Medis di FemCare Ob-Gyn di Miami.

“Perubahan otot-otot di tubuh akan terjadi secara perlahan seperti halnya pada pemakaian kawat gigi,” tambah Jim Pivarnik, Ph.D, profesor dari Michigan State University, seperti dikutip dari situs Glamour. Jadi, meskipun Anda rajin berolahraga, tetap saja dibutuhkan beberapa bulan untuk mengembalikan otot abdominal Anda ke kondisi normal paska persalinan.

Oleh karena itu, jangan langsung stres ya Mamas! Karena umumnya memang dibutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan agar rahim Anda dapat kembali ke ukuran semula. Dan dalam rentang waktu tersebut, sel-sel tubuh yang sempat membesar selama hamil akan turut mengecil secara perlahan dengan cara mengeluarkan kelebihan cairan melalui urin, keringat, dan juga sekresi vagina.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, selain menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi seimbang dan rutin berolahraga, Anda juga bisa mempercepat proses ini dengan menyusui.

Menyusui bayi Anda dipercaya dapat membantu proses pembakaran kalori dan juga membantu pengecilan rahim lebih cepat. Untuk olahraga, Mamas bisa mengikuti kelas postpartum yoga atau untuk awalnya Anda bisa berjalan-jalan di sekitar area rumah sambil menjemur Si Bayi Mungil. Namun ingat ya Mamas, sebaiknya Anda jangan langsung memaksakan tubuh Anda untuk langsung melakukan olahraga berat. Lakukan secara bertahap atau berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda untuk lebih jelasnya. Dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, Mamas jadi bisa mengetahui apa jenis olah raga yang pas untuk Anda, dan seberapa berat aktivitas yangbisa Anda lakuan. (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto, Freepik)

Shares