Mind

Smart Mama Reading List

By  | 

Katanya, ilmu parenting tidak hanya insting, tapi juga menuntut kita, orangtuanya untuk terus memperluas ilmu pengasuhan dari berbagai sumber. Berikut daftar #SmartMamaReadingList yang bisa mamas jadikan panduan dan referensi belajar baru.

Keluarga Kita – Najeela Shihab

Pendiri Sekolah Cikal, Najeela Shihab mengingatkan bahwa dalam membesarkan anak, banyak sekali variabel peran di dalamnya. Diantaranya orangtua, kakek/nenek, serta lingkungan sekitar mulai dari tempat tinggal hingga sekolah. Pada prinsipnya, pola pengasuhan yang disarankan adalah “mencintai dengan lebih baik”. Artinya orangtua perlu menganggap bahwa anak adalah manusia seutuhnya – kita perlu menghargainya. Posisikan diri menjadi mereka saat melihat sebuah masalah, jelaskan kepada kakek/nenek tentang pola pengasuhan serupa sehingga seluruh lingkungan dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Dilengkapi dengan tanya jawab seputar parenting yang dilontarkan oleh para orangtua.

Sentra – Rhenald Kasali

Pendiri Rumah Perubahan sekaligus PAUD Kutilang yang berdomisili di Bekasi, Jawa Barat ini mengusung metode pengajaran yang diadaptasi dari Amerika Serikat dan dibawa ke Indonesia oleh seorang pengajar bernama Wismiarti Tamin. Metode Sentra, seperti yang dijelaskan dengan gamblang dalam buku ini menjunjung tinggi kemerdekaan anak untuk belajar aktif dengan cara yang menyenangkan. Metode Sentra menekankan proses pembelajaran anak melalui beberapa sentra: Bahan alam, seni, balok, persiapan, iman dan takwa, bermain peran besar, dan bermain peran kecil. Ke 7 Sentra ini mengajak anak – anak untuk melatih 7 essential life skills: Kecerdasan linguistik, logis matematis, musikal, kinestetik – jasmani, spasial, intrapersonal, naturalis, eksistensial, dan spiritual.

Belahan Jantungku – Andien Aisyah

Buku ini merupakan catatan personal keluarga kecil Andien saat bertransisi menjalani kehamilan dan resmi menjadi seorang mama. Pendekatan holistik dilakukan dan dihimpun dari berbagai pakar seperti Reza Gunawan, Gobind Vashdev, Yusa Aziz – Praktisi Psychoteraphy, counseling & couching, hingga Nia Umar – Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI ASI). Melalui buku ini, kita diajak menelaah atas pilihan Andien & Ippe untuk membebaskan sesi makan Kawa putranya melalui BLW (Baca juga: Yang Harus Mama Perhatikan Saat Baby Led Weaning), memperpanjang durasi bare foot, hingga pilihan gentle birth untuk melahirkan Si Kecil. Dilengkapi dengan foto – foto pribadi keluarga dan hal – hal yang dilakukan dalam setiap fase perkembangan Kawa, termasuk resep makanan favoritnya!

Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak – dr. Meta Hanindita, Sp.A

Buku best seller yang satu ini membahas tuntas soal nutrisi dan langkah praktikal yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting. Dalam format tanya jawab pertanyaan, dr. Meta menjelaskan bahwa penting bagi orangtua memberikan perhatian lebih pada pemenuhan kebutuhan nutrisi anak sejak dalam kandungan. Terbagi dalam beberapa fase: Kehamilan, menyusui, MPASI, 1 – 2 tahun, pemantauan pertumbuhan anak dan resep MPASI. Mamas akan mengetahui jawaban dari anjuran nutrisi yang dikonsumsi selama hamil, tanda bayi cukup ASI, kriteria MPASI yang baik, kebutuhan nutrisi saat memulai MPASI, hingga konsumsi susu sapi yang tidak disarankan untuk anak berusia di bawah 1 tahun. Super lengkap!

Self Acceptance, 88 Love Life – Diana Rikasari & Dinda Puspitasari

Asupan untuk diri sendiri tentu penting! Melalui buku ini, dengan quotes yang simple dan menarik, mamas akan diajak untuk melakukan introspeksi diri atas keputusan dan persepsi diri soal bagaimana kita memandang kehidupan. Allow yourself to pause throughout the day, tulisnya. Karena jika jiwa kita sehat, proses pengasuhan pada anak dan keluarga akan jadi lebih maksimal dan penuh cinta. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah tidak membandingkan diri sendiri dengan kehidupan (keluarga) orang lain. Karena salah seorang penulisnya, Diana, juga merupakan seorang mama, Ia menyelipkan beberapa surat yang ditulis untuk sang putra; membantu mengingatkan kita betapa besar cinta kita untuk anak – anak dan keinginan membahagiakan mereka. Selamat membaca! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares