Health

Kekhawatiran Tantri ‘Kotak’ Terserang Toksoplasma Saat Hamil

By  | 

Toksoplasmosis tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan masalah serius ketika Anda mengalaminya saat hamil. Dan kondisi ini saat ini sedang dialami vokalis Tantri ‘Kotak’.

Toksoplasmosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Toksoplasmosis tidak dapat menyebar dari orang ke orang. Namun, bisa menyebar dari sang mama ke bayinya dalam kandungan selama kehamilan atau dari transfusi darah atau organ yang terinfeksi dengan parasit toksoplasma.

Penyakit ini disebarkan tidak hanya oleh kucing dan anjing, namun juga melalui makanan mentah atau setengah matang (termasuk buah atau sayuran yang tidak dicuci), peralatan dapur yang terkontaminasihingga mengonsumsi susu kambing yang tidak dipasteurisasi, Mungkin toksoplasmosis tidak berbahaya bagi kita yang sedang dalam kondisi sehat, tetapi bagi calon mama ini sangat membahayakan bayinya dan dapat berdampak jangka panjang.

Tantri yang sedang hamil anak keduanya, ternyata juga terinfeksi toksoplasma. Hasil tes laboratorium yang menunjukkan bahwa tingkat IgG Tantri tinggi, membuatnya positif terkena tokso saat hamil.

Kekhawatiran akan risiko yang mungkin terjadi, membuat keduanya langsung mencari informasi sebanyak-banyaknya. “Saya dan Arda langsung mencari informasi tentang tokso lewat Google, meski kami tahu bahwa sumber yang kami dapat lewat Google hanya sebagai gambaran umum, namun tetap saja kami khawatir,” ujar Tantri yang kini sedang hamil 15 minggu.

Tantri dan Arda pun kemudian memutuskan untuk mencari second opinion ke Singapura.

Tantri dan Kara.

“Menurut dokter, semua bisa kena tokso, namun yang bahaya adalah pada calon mama karena bisa menyebabkan keguguran, namun karena ternyata Tantri sudah mengalami tokso sebelum ia hamil, yaitu lima bulan lalu, maka tubuh Tantri sudah membangun antibodi, sehingga janin kami sehat,” tambah sang suami, Arda, yang juga merupakan vokalis band Naff.

Meski di Singapura mereka akhirnya berkonsultasi dengan dua orang dokter, dan keduanya menyatakan bahwa janin mereka sehat, namun Arda mengaku masih ada yang mengganjal.

“Kami pun ingin sekali lagi memastikan bahwa janin kami baik-baik saja melalui tes laboratorium yang bernama Non-Invasive Prenatal Test (NIPT). Tes NIPT ini bermanfaat untuk mengetahui kesehatan kromosom janin,” jelas Tantri yang juga mama dari Kara, 3 tahun.

Tantri, Kara dan Arda.

Non-Invasive Prenatal Test ini bisa dilakukan untuk mengetahui informasi penting tentang kesehatan janin yang sedang tumbuh berkembang, dengan cara yang mudah, akurat dan dilakukan pada trisemester pertama, dengan sedikit risiko terhadap kehamilan mereka. Dari tes ini kita dapat mengetahui kesehatan kromosom bayi Andadengan lebih akurat yang tidak dapat diberikan oleh tes skrining lainnya.

Pasangan musisi ini mengaku sangat lega dengan hasil tes yang menunjukkan bahwa anak kedua mereka sehat dan berkembang sempurna. Mereka mengakui bahwa meski di sosial media Instagram keduanya mereka tak pernah menceritakan tentang problem yang sedang mereka alami, bukan berarti kehidupan mereka tanpa masalah.

Namun setelah mengetahui bahwa kondisi kesehatan sang buah hati baik-baik saja, keduanya pun kemudian membagikan kisah mereka di YouTube channel mereka, Sisi Lain Tanarda.

“Kami ingin berbagi informasi kepada para calon orang tua lainnya tentang bagaimana menjaga kesehatan saat mempersiapkan kehamilan dan selama kehamilan. Dengan harapan, sharing kami ini tidak perlu dialami oleh pasangan lainnya,” urai keduanya.

Setelah menyimak sharing pasangan musisi ini, tentunya kita jadi memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan jauh sebelum mempersiapkan kehamilan ya, mamas? Thank you for sharing Tantri and Arda. (Tammy Febriani/KR/Photo & video: Doc. Instagram Tantri, YouTube chanel Sisi Lain Tanarda)

Shares