Health

Menjaga Kelembapan Kulit Bayi

By  | 


Seperti kita ketahui, kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga rentan mengalami beberapa masalah kulit. Hal ini disebabkan karena kulit bayi jauh lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa.

Tak hanya itu saja, kulit bayi yang belum berkembang secara sempurna membuat fungsi proteksinya belum optimal. Akibatnya, jika terpapar bahan kimia ataupun kuman, bayi akan mudah mengalami iritasi kulit.

Iritasi pada kulit bayi ditandai munculnya kemerahan pada kulit. Selain kemerahan, bayi dapat mengeluh gatal dan rasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, umumnya bayi akan rewel, tidak mau menyusu, dan terus menangis.

Keluhan Kulit yang Sering Dialami Si Kecil

1. Ruam popok

2. Eksem

3. Biang keringat

4. Kulit kering

Penyebab Kulit Kering pada Bayi                                                             

Kulit kering pada bayi dapat terjadi karena beberapa hal di bawah ini:

  • Suhu udara. Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, akan membuat kulit bayi kering dan susah untuk beradaptasi.
  • Penggunaan sabun. Karena sifat sabun yang dapat mengangkat minyak alami pada kulit bayi, menggunakan sabun yang terlalu banyak dapat membuat kulit bayi menjadi kering.
  • Kelenjar keringat belum sempurna. Fungsi organ tubuh bayi belum terbentuk dengan sempurna seperti kelenjar minyak orang dewasa, sehingga kulitnya pun menjadi kering.

Mengatasi Kulit kering pada Bayi

Agar kulit bayi mamas tetap terjaga kelembapannya, mamas bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari memandikan bayi terlalu lama. Cukup mandikan selama 10-15 menit saja untuk mencegah kulitnya kering.
  • Lindungi tubuh bayi terpapar udara luar terlalu lama. Udara luar bisa menyebabkan kulit bayi mama menjadi kering. Karena itu lindungi tubuh bayi dengan pakaian yang hangat atau beri ia selimut bila sedang berada di luar rumah.
  • Penuhi kebutuhan cairan bayi. Sama halnya seperti orang dewasa, kebutuhan cairan tubuh bayi juga harus dapat terpenuhi agar kulitnya tetap terjaga kelembapannya.
  • Gunakan produk-produk khusus bayi. Perhatikan label “hypoallergenic” atau produk khusus untuk kulit sensitif, sehingga kandungan bahan-bahannya tidak akan mengiritasi kulit bayi.

Aveeno

Untuk menjaga kelembapan kulit bayi, ada baiknya mamas mencoba produk skin care yang memiliki kandungan Colloidal Oatmeal di dalamnya. Colloidal oatmeal ini membantu menjaga kelembapan dan mengurangi peradangan .

Aveeno Baby, merk perawatan kulit & pelembap no.1 asal US, merupakan rangkaian produk perawatan bayi dengan kandungan colloidal oatmeal (daily moisturizing) dan triple oatmeal (soothing relief) yang dapat membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit bayi & anak – anak.

Aveeno akan menjaga kulit tetap lembap sekaligus menutrisi kulit bayi dan anak setiap hari sehingga terasa lebih lembut, halus dan sehat. Formula alami pada Aveeno membuat kulit bayi tidak berminyak, melindungi kulitnya agar tetap halus dan melembapkannya selama 24 jam. Cepat diserap, tidak licin dan halus di kulit.

Aveeno juga hypoallergenic dan aman untuk bayi yang baru lahir karena terbuat dari bahan-bahan alami dan aman yang membantu menyehatkan, menenangkan, dan melindungi kulit bayi mamas.

Baby Gentle Wash & Shampoo

Keistimewaan dari produk ini adalah no tears formula, paraben free, phthalate free, soap free, hypoallergenic & aman untuk newborn yang akan membersihkan dan membuat kulit terasa lebih sehat.

Daily Care Moisturizing Lotion

Cepat diserap, tidak licin, lembut di kulit, melembapkan & menenangkan kulit bayi & anak hingga 24 jam, hypoallergenic & aman untuk perawatan kulit sehari – hari terutama untuk newborn.

Baby Soothing Relief Creamy Wash

Direkomendasikan untuk kulit kering cenderung iritasi karena paraben free, phthalate free, soap free, hypoallergenic & aman untuk newborn.

Baby Soothing Relief Moisturizing Cream

Kandungan triple oats-nya terbukti secara klinis menenangkan & melembapkan kulit kering cenderung iritasi, tanpa tambahan pewangi, hypoallergenic & aman untuk newborn.

Untuk info lebih lanjut, mamas bisa follow akun Instagram Aveeno di @aveeno_id. Produk Aveeno sendiri bisa mamas dapatkan di store Mothercare maupun baby shop lainnya.

Bagaimana dengan Anda, mamas? Bagaimana cara mamas menjaga kelembapan kulit bayi Anda? Sharing yuk di Wednesday Giveaway minggu ini!  Caranya, jawab di kolom comments ya, mams. 7 orang mama yang beruntung akan mendapatkan hampers dari Aveeno berupa Aveeno Soothing Relief Creamy Wash dan Aveeno Soothing Relief Moisturizing Cream. Pemenang akan diumumkan pada hari Minggu, tanggal 7 April 2019. Happy sharing! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, Aveeno)

Shares