Health

5 Cara untuk Stimulasi Motorik Kasar Si Kecil

By  | 

Beragam cara bisa kita lakukan untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, salah satunya adalah lewat mainan edukatif.

Keterampilan kognitif dan motorik adalah dua aspek penting dari tumbuh kembang bayi Anda. Perkembangan kognitif mengacu pada keterampilan yang dipelajari bayi secara bertahap untuk memahami dunia di sekitarnya, seperti bahasa, persepsi, pikiran, memori, dan koordinasi fisik. Keterampilan motorik membantunya dalam perkembangan fisik. Keterampilan motorik ini terbagi dalam dua kategori: keterampilan motorik halus dan keterampilan motorik kasar.

Keterampilan motorik kasar membuat bayi Anda lebih kuat dan lebih terkoordinasi. Dia perlu membangun otot-ototnya yang besar – bisep, trisep dan paha depan – untuk membantunya duduk, merangkak, dan berjalan.

“Ada persendian dan otot yang perlu diatur dan dapat digerakkan dengan cara yang sangat berbeda. Bayi perlu membedakan set otot untuk menggunakan jari, tangan, lengan dan kakinya,” terang Daniela Corbetta, PhD, Associate Professor di University of Tennessee di Knoxville – USA.

Untuk mendukung keterampilan kognitifnya, perbanyak interaksi dengan Si Kecil ya, mamas. Seperti misalnya mengajak Si Kecil berbicara, bernyanyi, dan bermain. Sedangkan untuk melatih motorik kasarnya, ada beberapa hal yang bisa mamas lakukan, seperti:

1.Melakukan tummy time.

Selain telentang, sesekali posisikan bayi mama dalam posisi tummy time. Lakukan secara berkala selama beberapa waktu.

2. Ajak bayi belajar menoleh.

Jika bayi mama sudah kuat mengangkat kepala, rangsang ia untuk memutar kepala dengan Anda bergerak ke arah lain agar anak menoleh, menggoyangkan mainan yang bersuara, dan memanggil nama anak.

3. Ajarkan anak untuk duduk.

Bila anak sudah bisa mengangkat kepala,selanjutnya ajarkan anak duduk. Awali mengajak anak duduk bersandar pada bantal untuk melatih otot perut dan punggungnya.

4. Latih anak berdiri.

Memasuki usia 4-7 bulan, mama bisa memposisikan bayi dalam posisi berdiri untuk mempersiapkan anak belajar berjalan.

5. Melakukan permainan sederhana.

Permainan seperti Peek-a-Boo, Itsy-Bitsy Spider, dan mainan edukatif lainnya.

Menurut BabyCenter, melakukan kegiatan yang sama secara teratur akan mengajarkan banyak hal pada bayi mamas. Berikan bayi mama mainan yang sesuai usia dengan berbagai tekstur dan bentuk. Ajari dia sebab dan akibat dengan menunjukkan apa yang terjadi ketika Anda menjatuhkan mainan ke lantai atau menyembunyikannya di dalam kotak. Menyadari hasil dari tindakan tertentu meningkatkan kepercayaan dirinya. Bantu dia mengembangkan keterampilan daya ingat dengan lagu, buku, dan permainan yang familier.

Playgro Jumbo Jungle Musical Piano Mat

Playgro Jumbo Jungle Musical Piano Mat adalah sebuah matras piano besar yang berisi 8 melodi yang berbeda. Si Kecil dapat melakukan berbagai kegiatan dengan bermain piano, mendengarkan melodi, berdansa, bermain, berbaring, dan berdiri di atas matras penuh warna ini.

Jumbo Jungle Musical Piano Mat ini juga mengajarkan anak untuk mengenali suara binatang. Mainan ini berkontribusi pada pengembangan keterampilan kognitif dan keterampilan motorik kasar anak, dan cocok dimainkan untuk anak dengan usia mulai dari 6 bulan. Selain itu, matras juga mudah dibersihkan dengan kain basah. Menariknya, matras besar ini dapat dimainkan oleh dua orang anak lho, mamas. Jadi Si Kecil bisa bermain bersama Anda maupun teman kecilnya.

Dengan memainkan Playgro Jumbo Jungle Musical Piano Mat ini, manfaat yang akan didapat Si Kecil adalah:

1.Memberikan pelajaran hubungan sebab – akibat

2. Membangkitkan musikalitas bayi

3. Merangsang keterampilan motorik bayi

Mamas juga tak perlu khawatir membersihkan mainan ini apabila kotor. Selain mudah dibersihkan, jumbo mat ini juga mudah disimpan (tidak memakan banyak tempat).

Namun terlepas dari semua itu, ingatlah bahwa setiap bayi perkembangannya tidak selalu sama. Jadi apabila tumbuh kembang Si Kecil tak secepat teman sebayanya, jangan langsung khawatir, mamas bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak Si Kecil untuk menilai apakah Si Kecil tumbuh kembangnya memang terlambat, atau masih dalam batas normal.

Nah, di Wednesday Giveaway ini, kami ingin mengajak mamas untuk sharing bagaimana mamas menstimulasi perkembangan motorik kasar dan kognitif Si Kecil. Caranya, jawab di kolom comments. 5 orang mama yang beruntung akan mendapatkan paket menarik dari Playgro. Pemenang akan diumumkan melalui Instagram Stories kami, @thesmartmamas, pada hari Minggu, tanggal 24 Maret 2019. Good luck, mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Playgro)

Shares