Health

Minum Jus Seledri, Apa Manfaatnya?

By  | 

Hi Mams! Belakangan ini melalui akun Instagram, sedang ramai dibicarakan manfaat konsumsi jus seledri melalui #celeryjuice. Anthony William, penulis berkebangsaan Amerika Serikat yang populer melalui seri buku kesehatannya, termasuk “Medical Medium” menjelaskan bahwa jus seledri dapat membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh. Yuk, cari tahu manfaatnya!

Seledri sendiri kaya akan senyawa antioksidan seperti asam fenolik, tinggi vitamin K, folat, dan kalium. Seledri juga menghidrasi, karena memiliki kandungan air yang tinggi.  Antioksidan yang ada dalam seledri juga bersifat anti-inflamasi dan  mengandung phytochemical yang baik untuk tekanan darah ketika dikonsumsi secara rutin.

Berikut manfaat konsumsi jus seledri secara rutin:

1. Menurunkan tekanan darah. Penelitian menemukan bahwa biji seledri memiliki sifat antihipertensi. Seledri mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah.

Celery

2. Kandungan flavonoid di dalamnya membantu tubuh lebih baik menyerap vitamin C sehingga meningkatkan stamina tubuh, sekaligus mencegah dan/atau mengobati alergi, infeksi virus, kondisi peradangan tertentu terutama pada sistem pencernaan.

3. Mencegah migrain, membantu mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah, hingga mencegah penyakit kronis.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi jus ini, menurut Anthony adalah setiap pagi hari dalam keadaan perut kosong agar lebih cepat kandunganya diserap oleh tubuh. Tunggu 15 – 30 menit sebelum mamas mengonsumsi makanan lain setelah jus seledri. Campurkan sedikit potongan jahe & perasan jeruk lemon untuk menambah rasa agar lebih segar. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, various)

Shares