Relationship

Benarkah Yoga Bersama Pasangan Bisa Tingkatkan Keharmonisan?

By  | 

Tak hanya sehat dan fresh, ternyata yoga bersama pasangan juga dapat meningkatkan keharmonisan dan keintiman lho. Benarkah? Dilansir dari healthline.com, instruktur yoga Julia Lehrman mengatakan, “Pasangan yang melakukan yoga bersama itu seperti sedang mengikuti retreat atau workshop yang dapat memperkuat hubungan. Yoga bersama membuat pasangan saling memerhatikan satu sama lain dan bekerjasama untuk mecapai tujuan.” Menurut Julia, ada 4 benefit yang bisa Anda dan pasangan peroleh dengan melakukan yoga bersama. Apa saja?

1.Membuat Anda dan pasangan merasa lebih puas dengan hubungan yang dimiliki. Yes Mams, ternyata mencoba mengikuti kelas yoga dengan pasangan dapat membuat Anda berdua lebih puas dengan relationship yang dimiliki. Studi mengatakan bahwa pasangan yang melakukan aktivitas baru bersama akan merasakan peningkatan dalam kualitas hubungan maupun rasa ketertarikan satu sama lain. Lebih jauh lagi, keintiman dan kebersamaan dalam melakukan gerakan yoga bisa memperbaharui dan memperbaiki hubungan. Momen saat Anda dan pasangan bernafas, serta melakukan pose yoga dapat memperkuat ikatan di antara Anda berdua, membuat Anda berdua merasa puas dengan hubungan ini.

2. Meningkatkan keintiman. Couples yoga juga dapat meningkatkan atau memperbaiki hubungan seksual Anda berdua lho. Bentuk dari gerakan yoga, seperti sinkronisasi pernafasan, postur tubuh serta gerakan yoga lah yang dapat meningkatkan keintiman seiring dengan juga meningkatnya kepercayaan, komunikasi, juga ikatan. Salah satu alasan mengapa yoga dapat meningkatkan kualitas kehidupan seksual adalah karena meningkatnya komunikasi melalui sentuhan dan gerakan.

Young couple exercising yoga at home

3. Meningkatkan kepercayaan dan komunikasi. Saat melakukan yoga, Anda dan pasangan harus bersandar satu sama lain, baik secara fisik maupun metafora. Hal ini membutuhkan kepercayaan, support, dan yang terpenting adalah rasa saling bergantung. Sentuhan fisik adalah salah satu cara untuk mengungkapkan emosi tedalam tanpa menggunakan kata=kata. Sentuhan dapat mengkomunikasikan kepada seseorang bahwa ia dihargai, disayangi, dicintai, diterima, sangat berharga, serta menumbuhkan rasa aman. Lebih jauh lagi, menyamakan gerakan satu sama lain juga dapat menimbulkan rasa empati dan ikatan yang kuat.

4. Mengurangi kecemasan dan stres. Pada dasarnya berlatih yoga memang dapat membantu mengurangi rasa cemas dan stres. Dan menurut studi, sentuhan dari pasangan mampu menguragi rasa cemas dan stres yang tengah melanda seseorang. Nah Mamas, jika Anda dan pasangan melakukan yoga bersama, berarti Anda memiliki 2 alasan untuk tidak merasa cemas maupun stres. Pose seperti camel pose dcouplapat menghasilkan energi baru, serta mengurangi rasa kesal dan stres.

Layak dicoba ya, Mams, terkadang kesibukan Anda berdua membuat hubungan agak renggang, tak ada salahnya mengajak Si Dia untuk couples yoga weekend ini! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares