Health

7 Manfaat Telur untuk Kesehatan Si Kecil

By  | 

Telur mudah diolah dan kaya nutrisi. Rasanya gurih lembut dan disukai anak-anak. Lalu, berapa banyak telur bisa diberikan tiap hari?

Sebenarnya tak ada batasan jumlah yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari atau minggu. Tetapi umumnya 4 butir telur per minggu dianggap ideal untuk anak. Karena kandungan lemaknya konsumsi tetap perlu dibatasi. Yang terbaik buat anak, pemberian telur dan bahan makanan lain dalam kombinasi agar asupan nutrisinya maksimal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 10 manfaat sehat telur untuk anak-anak.

1. Protein lengkap
Telur merupakan makanan lengkap protein. Setiap butir mengandung 6 g protein per sajian. Protein dibutuhkan untuk membangun sel-sel tubuh baru, regenerasi sel. Telur membantu anak tumbuh besar dan kuat. Pastikan memberi anak 1 butir telur tiap hari dan Anda atak perlu lagi memberikan suplemen.

2. Mengandung lutein dan zeaxanthin
Kedua nutrisi ini dimiliki telur dan sangat baik untuk kesehatan mata. Membuat penglihatan tajam dan mengurangi degenerasi makular dan juga menjaga kesehatan retina.

3. Mengandung choline
Choline membantu membangun membran sel. Nutrisi ini juga penting untuk otak. Bertanggungjawab untuk molekul otak yang memberi sinyal syaraf. Satu butir telur mengandung 100 mcg choline.

Funny chickens from eggs on the Christmas table with the symbol of 2017. Snack of cheese and almondsFunny chickens on the Christmas table with the symbol of 2017. Snack of cheese and almonds

4. Mengandung omega 3
Omega 3 merupakan lemak sehat yang umumnya terdapat dalam ikan. Zat ini diperlukan untuk perkembangan awal otak dan memori kognitif. Rutin konsumsi telur bisa mencegah arthitis dan penyakit jantung saat anak dewasa nanti.

5. Mengandung vitamin D
Telur merupakan sumber vitamin D yang bagus yang penting untuk kesehatan tulang. Telur satu-satunya makanan yang mengandung vitamin D.

6. Mengandung lemak lengkap yang seimbang
Telur mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Telur memberi rasa kenyang lebih lama sehingga bisa cegah obesitas. Sebaiknya berikan dalam bentuk telur rebus dan bukan telur goreng.

7.Mengandung kolesterol minimal
Telur memiliki kolesterol paling sedikit. Konsumsi telur bisa menaikkan HDL atau kolesterol baik. Sebaiknya berikan telur yang direbus atau dikukus dan bukan digoreng.Sehingga anak terhindar dari asupan lemak berlebihan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares