Relationship

Bolehkah Pria yang Telah Menikah Memiliki Teman Wanita?

By  | 

Idealnya sih seharusnya itu tak jadi masalah selama mereka memang benar-benar menjaga hubungan mereka sebatas sahabat. Namun sayangnya, godaan untuk lebih dari sekedar berteman dengan lawan jenis sangatlah besar.

Pertemanan antara pria menikah dan sahabat wanitanya kerap kali bisa berisiko ke arah flirting, dan bisa saja flirting ini berkembang ke arah yang lebih jauh. Lalu bagaimana mencegah hal ini terjadi? Berikut tipsnya:

1. Pastikan tidak ada standar ganda.

“Jika dia bisa, saya bisa,” adalah pedoman yang kemudian dianut oleh setiap pasangan yang yang suaminya memiliki sahabat wanita. Namun tahukah Anda, bahwa tanggapan setiap pasangan ternyata berbeda ketika Anda mengutarakan prinsip ini padanya. Sebagian besar pria beranggapan bahwa tidak apa-apa bagi seorang suami untuk berbicara atau berteman dengan wanita, namun itu merupakan hal yang tabu bagi seorang wanita untuk bersahabat dengan pria. Baginya, “No guy is just a friend.”

Walau begitu, sebagian pria masih ada kok yang sangat tidak mempermasalahkan hal ini. Seperti halnya yang dialami oleh Jessica.

“Aturan dalam pernikahan kami adalah apa yang baik untuk kamu maka akan baik pula untuk saya. Jika ia ingin berteman dengan teman wanita, maka saya pun bisa berteman dengan laki-laki. Dan hingga kini itu tetap  bisa berjalan dengan baik,” terang Jessica yang telah menikah selama 2 tahun.

2. Sepakat dengan batas tertentu.

Pernikahan seharusnya tak membatasi seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, baik dengan sesama pria atau dengan wanita, dan hal ini merupakan bagian dari kehidupan. Karena itu, saling memahami batasan dalam berteman merupakan solusi dari hal ini. Baik Anda berinterkasi dengan teman pria, maupun pasangan berinteraksi dengan teman wanitanya, harus ada batasan yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

 

Jealous woman spying her husband mobile phone

 

3. Saling percaya.

Banyak wanita merasa nyaman dengan persahabatan sang suami dengan teman wanitanya karena mereka sudah memercayai keduanya dan bahkan saling kenal. Dengan begitu, mendapati suami Anda berbincang di telepon atau bertemu dengan sahabat wanitanya tak membuat Anda merasa curiga dan cemburu. Begitu pula sebaliknya bila Anda bertemu dengan sahabat pria Anda.

4. Kenali lebih dekat.

Bagi pria yang telah menikah, sebaiknya ia mengenalkan sahabat wanitanya pada Anda. Dan akan jadi nilai plus bila sang sahabat wanita juga membawa pasangannya untuk dikenalkan pada Anda dan suami. Dengan begitu Anda bisa mengenal mereka lebih dekat. Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama bila Anda memang memiliki sahabat pria. Dengan saling mengenal dekat, tentunya Anda dan suami akan merasa lebih nyaman dan risiko lebih dari sekedar ‘berteman’ bisa lebih terminimalisir.

Selama keempat hal diatas tadi dapat dijalani dengan baik, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan pertemanan ini. Namun bila Anda mendapati suami lebih suka hang out dengan sahabat wanitanya daripada dengan Anda, atau ia sebelumnya sudah pernah mengkhianati Anda, maka keempat hal diatas tadi tak bisa jadi panduan ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com)

Shares