Relationship

Parental Class, Menjaga Keharmonisan dengan Pasangan Saat Hamil

By  | 

Saat hamil, hormon kehamilan banyak memengaruhi mood dan fisik Si Calon Mama hingga beragam perubahan dialami olehnya. Perubahan mood khususnya, mampu menaik turunkan emosi calon mama dengan mudahnya. Dan kondisi ini bila tak bisa diterima dengan baik oleh pasangan, dapat merenggangkan hubungan calon mama dan sang suami.

Seringkali hal ini dihadapi calon mama – papa dengan melakukan babymoon. Diharapkan, dengan babymoon, mereka dapat kembali dekat dan harmonis seperti sebelumnya. Namun sebenarnya ini bukanlah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghindari konflik dalam rumah tangga Anda, Mams.

Selain bicara dari hati ke hati mengenai apa yang dirasakan, tanpa ada emosi tentunya, calon mamas dan papas juga dapat mengikuti baby / prenatal class (baca: Yang Perlu Anda Tahu tentang Kelas Prenatal). Walau di Indonesia kelas semacam ini belum terlalu banyak ditemui, namun beberapa rumah sakit seperti rumah sakit bersalin, rumah sakit ibu dan anak, serta rumah sakit besar umumnya mulai menyediakan fasilitas ini. Tujuan kelas prenatal ini adalah membantu calon mama dan papa menyiapkan diri menyambut persalinan dan perawatan dasar newborn.

 

Pregnant Women With Partners At Ante Natal Class

 

Mungkin banyak calon papa yang risih dan bahkan menolak ketika diajak mengikuti kelas ini karena tak ingin menjadi satu-satunya pria yang ada di ruang kelas. Padahal, saat di kelas ia juga akan bertemu dengan para calon papa lain kok Mams. Jadi yakinkan pasangan agar tak usah khawatir nantinya akan sendirian.

Mengikuti kelas ini akan memberi pengetahuan lebih baginya tentang kehamilan Anda, termasuk perubahan fisik dan mood yang seringkali mengundang pertengkaran. Disini ia pun akan belajar bagaimana sebaiknya menghadapi kehamilan sang istri, menghadapi detik-detik sebelum persalinan, hingga turut merawat Si Kecil setelah lahir nanti. Diharapkan, dengan mengikuti kelas ini nantinya pasangan akan lebih memahami bagaimana situasi yang Anda hadapi selama hamil dan nantinya bisa lebih mempersiapkan diri menjalani peran barunya sebagai seorang papa.

 

serena-a

 

Serena berhasil membedong boneka latih.

Serena berhasil membedong boneka latih.

 

Kelas ini pun juga diikuti oleh petenis Serena Williams dan pasangannya, Alexis Ohanian. Serena mengunggah Snapchat Video yang memperlihatkan Alex sedang berusaha membedong sebuah boneka dengan caption “Baby class 101,”

Di video lain, Serena memperlihatkan keberhasilannya membedong sebuah boneka latih dimana ternyata sang tunangan gagal saat mencoba melakukan hal yang sama.

Keseruan yang terlihat dari kelas yang dijalani oleh pasangan ini menggambarkan bahwa pengetahuan lebih yang didapat dari parental class ini dapat mendekatkan keduanya ya, Mams? Jadi jangan ragu untuk mengajak pasangan Anda mengikuti parental class ini. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares