Mind

Manfaat Berjalan Santai Bagi Anda

By  | 

Mams, apakah Anda gemar berjalan kaki? Walaupun termasuk dalam aktivitas ringan, namun jalan kaki memiliki manfaat yang baik untuk Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Connecticut ini melibatkan 419 peserta dimana selama 4 hari mereka mengenakan alat yang bisa melacak dan mencatat pergerakan pemakainya. Penelitian kemudian dilanjutkan dengan memberi pertanyaan-pertanyaan tentang kebiasaan, perasaan, mood, dan rasa sakit yang dirasakan para peserta itu.

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya hanya dengan duduk, memiliki tingkat kesehatan dan mood paling rendah dibandingkan peserta lain yang lebih banyak bergerak. Banyak bergerak disini diartikan dengan aktivitas ringan dan bukan olah raga berat. Aktivitas ringan yang dimaksud disini adalah berjalan kaki dengan nafas yang normal dan tidak memburu, serta tidak ada peningkatan detak jantung yang signifikan

Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan kalau peserta yang melakukan aktivitas fisik sedang dilaporkan juga mengalami tingkat rasa nyeri yang paling rendah. Sementara mereka yang berolahraga lebih keras memiliki kesehatan yang lebih baik, namun tingkat mood-nya tidak melonjak. Dan menjalani olahraga yang rutin akan membuat orang terjaga mood-nya.

Jadi, yuk kita biasakan berjalan santai Mams! Selain menjaga kesehatan tubuh, kita juga bisa menjaga mood dan suasana hati. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)  

Shares