Health

Pentingnya Edukasi Guna Mendukung Masa Kehamilan dan Menyusui yang Sehat dan Aman

By  | 

Saat menjalani masa kehamilan, terkadang Mama mengalami rasa cemas dan khawatir yang bila dibiarkan dapat memengaruhi kesehatan Mama dan juga Si Kecil di dalam kandungan. Sehingga sangat penting bagi Mama untuk membekali diri dengan informasi mengenai tahapan kehamilan dan menyusui yang lengkap dari para ahli, termasuk asupan nutrisi yang seimbang.

Untuk itu, melalui Lactamil Mama Class, Lactamil mengunjungi sejumlah rumah sakit pilihan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia untuk turut berbagi edukasi mengenai kesehatan kehamilan dan menyusui. “Para calon Mama pastinya menyadari bahwa dengan menjalani kehamilan yang sehat dan aman, Mama turut menentukan kualitas hidup dan masa depan si Kecil. Sebagai Ahli untuk Awal yang Baik, Lactamil percaya Mama pasti ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil baik selama masa kehamilan maupun menyusui. Di Lactamil Mama Class, Mama bisa bertemu dan berdiskusi dengan para ahli seperti dokter obgyn dan konselor laktasi yang akan memaparkan informasi bermanfaat demi proses kehamilan dan menyusui yang optimal, serta Nadia Mulya yang akan berbagi pengalaman saat hamil dan menyusui sebagai Mama” ujar Hans Kristian Kusuma selaku Senior Brand Manager Lactamil saat acara Lactamil Mama Class di RSIA Bunda Menteng pada sabtu 6 Mei lalu.

Lactamil Mama Tunjukkan Komitmen Mama untuk memberikan yang terbaik bagi Si Kecil

Lactamil Mama Tunjukkan Komitmen Mama untuk memberikan yang terbaik bagi Si Kecil

Demi memberikan edukasi yang tepat dan berkualitas kepada para Mama, seluruh materi kesehatan yang diberikan dalam Lactamil Mama Class disusun oleh Himpunan Obstetri Ginekologi Sosial Indonesia (HOGSI).

Aditya Kusuma, Sp.OG selaku perwakilan dari RSIA Bunda Menteng memaparkan materi tersebut secara komprehensif dimulai dari persiapan Mama pada saat hamil, asupan nutrisi di setiap tahap kehamilan, persiapan menjelang kelahiran, manfaat konseling kepada tenaga kesehatan, hingga perawatan masa nifas dan cara menjalani proses menyusui dengan benar. Lengkap sekali bukan, Mamas to be?

Menurut dr. Aditya Kusuma, Sp.OG, Sangat penting bagi Mama untuk mengenali tanda-tanda klinis pada dirinya serta rajin melakukan konseling, selain itu Mama juga harus menjaga asupan nutrisi dengan benar. “Makanlah dengan aturan pola gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan Mama dan si Kecil. Selain asupan karbohidrat, protein, maupun lemak, zat gizi mikro juga perlu tercukupi di antaranya adalah Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan Kalsium”.

Lactamil 2

dr. Aditya, Senior Brand Manager Lactamil Hans Kristian Kusuma, Nadia Mulya, Acha Septriasa.

Aditya juga menambahkan, bahwa kekurangan kalori maupun zat gizi mikro saat hamil dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko kelahiran prematur pada Mama dengan kenaikan berat badan yang tidak sesuai dengan masa kehamilan. Selain itu, dr. Aditya juga menyampaikan beberapa risiko dan tanda bahaya selama masa kehamilan maupun menyusui agar para Mama bisa lebih peka, berhati-hati, dan mampu menghindarinya melalui asupan nutrisi yang seimbang.

Menanggapi pemaparan tentang gizi oleh HOGSI, Nadia Mulya yang merupakan selebriti dan juga mama dari 3 orang anak turut berbagi pengalamannya. Sebagai Mama, ia mengaku sangat sadar pentingnya pola gizi seimbang terutama di masa-masa kehamilan dan menyusui. “Tiga kali hamil dan menyusui, saya selalu memastikan pola makan saya teratur dengan menu yang variatif. Seperti saya, para Mama juga bisa menjalani proses kehamilan dan menyusui dengan optimal dengan dukungan dari Lactamil yang mengandung ADIK+ yaitu Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi, dan Kalsium.”ujar Nadia.

“Bahkan di proses kehamilan yang ketiga lalu, saya masih memikirkan banyak hal demi proses kelahiran yang sehat dan aman. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya sangat antusias untuk berbagi dan menginspirasi para Mama di sini agar selalu berinisiatif mencari informasi terpercaya dari para ahli seperti obgyn, nutrisionis, konsultan laktasi, dan pihak terkait lainnya. Ini semua agar kita bisa memberikan awal yang baik untuk Si Kecil,” ungkap Nadia Mulya saat ditemui di acara Lactamil Mama Class di RSIA Bunda Menteng.

dr. Yolanda Safitri mengedukasi para  Mama mengenai pijat laktasi yang baik dan benar dalam acara Lactamil Mama Class untuk mendukung menyusui yang aman.

dr. Yolanda Safitri mengedukasi para Mama mengenai pijat laktasi yang baik dan benar dalam acara Lactamil Mama Class untuk mendukung menyusui yang aman.

Dalam sesi Lactamil Mama Class, para Mama juga diajarkan untuk dapat memberikan ASI secara eksklusif dan lancar melalui demo pijat laktasi. Konselor laktasi, dr. Yolanda Safitri, turut memberikan arahan bagaimana mempersiapkan Mama untuk tahap menyusui Si Kecil. Selanjutnya ia juga mempraktikkan langkah-langkah tepat dalam memijat bagian payudara para Mama untuk melancarkan produksi ASI. Dimana langkah-langkah ini kelak bisa dipraktikkan di rumah, atau berbagi informasi ini kepada teman-teman Anda, Mams.

Sama seperti para calon mama lainnya, aktris Acha Septriasa yang sedang mengandung untuk pertama kalinya ini juga turut mengikuti paparan serta demo yang disampaikan oleh para Ahli  lho, Mams. “Sebagai calon Mama, saya senang dapat mengikuti Lactamil Mama Class karena beragam informasi penting yang disampaikan oleh para Ahli dan sesuai dengan kebutuhan saya saat ini,” ucap Acha yang sedang hamil 18 minggu.

Bagi Anda yang belum berkesempatan untuk mengikuti Lactamil Mama Class, Lactamil juga menyediakan kesempatan untuk bisa berdiskusi secara rutin via Expert Chat di Facebook Lactamil dengan tim Ahli Lactamil seputar kehamilan, nutrisi, psikologi, sekaligus gaya hidup. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. Lactamil)

Shares