Health

Quiz: Apakah Anda Sudah Memenuhi Kebutuhan Vitamin Si Kecil?

By  | 

Seperti kita ketahui, memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil sangatlah penting. Karena, kekurangan nutrisi akan menghambat tumbuh kembang Si Balita. Nah, bagaimana dengan Anda, Mams, sudahkah Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil setiap harinya? Yuk, ikuti kuis ini untuk mengetahuinya!

1. Beberapa sayuran memiliki kandungan nutrisi yang besar dan bermanfaat bagi anak.

A) Benar

B) Tidak

 

2. Diantara ketiga buah ini, yang manakah yang merupakan sumber kalsium tertinggi?

A) Almond

B) Peach

C) Tomat

 

3. Diantara ketiga menu sarapan di bawah ini, yang manakah yang dapat memberikan energi terbanyak bagi Si Kecil?

A) Sereal gandum dan buah.

B) Roti cokelat.

C) Omelet sayur.

 

4. Untuk memenuhi kebutuhan zat besinya, makanan / minuman apa yang Anda berikan?

A) Menyelipkan potongan tomat di burger Si Kecil.

B) Membatasi pemberian susu.

C) Keduanya.

 

5. Bila Si Kecil picky eater, haruskah saya khawatir ia akan kekurangan nutrisi?

A) Ya, tentu saja.

B) Tidak perlu.

 Omelet with tomatoes, parsley and feta cheese

Jawaban

1. A) Benar.

Tak ada sayuran yang tak mengandung nutrisi. Namun, beberapa sayuran memang diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih besar dibandingkan sayuran lainnya. Saat menyiapkan bekal makanan Si Kecil, Mamas bisa menyelipkan sayuran berwarna terang seperti tomat cherry, brokoli, dan wortel, yang lebih bernutrisi dibandingkan ketimun ataupun seledri. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan protein, buah, dan makanan berbahan dasar gandum untuk makan siangnya.

2. A) Almond.

Si Balita membutuhkan kalsium untuk perkembangan tulang dan giginya. Dan ketika Anda mendengar kata kalsium, pasti yang terpikir oleh Anda adalah susu, keju, dan yogurt bukan, Mams? Ya, itu memang benar. Namun bila Si Kecil tak menyukai susu ataupun produk susu lainnya, maka Anda bisa menggantinya dengan almond, kacang merah, ataupun jus jeruk. Selain itu, Si Balita juga membutuhkan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium lebih maksimal. Vitamin D bisa didapat dari keju, oily fish, dan kuning telur.

3. C) Omelet sayur.

Tak ada yang salah bila Anda memberi Si Kecil sarapan sereal gandum, susu rendah lemak, dan buah untuk sarapannya, apalagi bila sedang terburu-buru. Namun memberinya omelet dan makanan sarat protein lainnya, akan memberinya ekstra energi. Selain telur, Anda bisa memberinya bagel gandum, waffles with peanut butter dan buah, atau smoothie yang terbuat dari yogurt dan buah.

4. C) Keduanya.

Si Balita membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel darah merah dan memenuhi kebutuhan oksigen jaringan dan organ tubuhnya. Anda bisa memberi Si Kecil daging merah, tuna, salmon, telur, dan buah kering untuk memenuhi kebutuhan zat besinya ini. Sajikan dengan makanan yang mengandung vitamin C, seperti brokoli, tomat, jeruk, dan stroberi yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Selain itu, batasi susu Si Kecil 2- 3 gelas sehari (16 sampai 24 ons), karena susu membuat tubuh lebih sulit menyerap zat besi.

5. B) Tidak perlu.

Banyak oran tua yang merasa khawatir ketika mendengar anaknya mengatakan kalau ia sudah kenyang, padahal piring makanannya hampir tak tersentuh olehnya. Namun Anda tak perlu khawatir Si Kecil kekurangan nutrisi, Mams. Selama hal tersebut tak terjadi setiap hari, kemungkinan besar Si Kecil baik-baik saja. Namun bila hal ini terjadi berkelanjutan, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan pemberian multivitamin tambahan untuknya. Namun tentunya, sebelum Anda memberi vitamin dan suplemen lainnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Si Kecil ya, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares