Education

Cara Mudah Stimulasi Otak Kanan Si Kecil

By  | 

Mamas, seperti Anda ketahui, otak bagian kiri lebih banyak berhubungan dengan angka, bahasa analisa, logika, dan intelektual, berbeda dengan otak bagian kanan. Bagaimana cara menstimulasi otak kanan? Berikut tipnya.

Otak bagian kanan bertugas mengendalikan aktivitas yang bersifat berpikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kreativitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas inovasi, daya cipta, keikhlasan, kebahagiaan, spirit, keuletan, kejujuran, keindahan dan lain-lain. Otak kanan juga dapat merekam ingatan dengan cepat dan menyimpan ingatan tersebut dalam memori otak dalam jangka lama.

Lalu, bagaimana menstimulasi otak kanan agar Si Kecil lebih kreatif ?

  1. Anda bisa coba melatih kepekaan seni dengan memutar musik di pagi hari dan musik yang lebih tenang di siang hari sambil beristirahat. Dengan begitu Si Kecil akan memiliki kepekaan dalam irama musik.
  2. Rangsang juga kemampuan mengontrol diri dan melatih stabilitas emosi. Misalnya, berikan ia pengertian saat keinginannya ditolak atau gagal mencapai sesuatu, sehingga anak bisa belajar mentoleransi dan beradaptasi dengan rasa kecewa.
  3. Latih Si Kecil dengan memberi sedekah kepada fakir miskin atau memberi pakaian yang masih baik untuk korban bencana. Aktivitas ini sangat baik untuk melatih empati.
  4. Anda bisa gunakan alat peraga untuk mengoptimalkan panca indera. Misalnya,  untuk menerangkan pembagian, gunakan 10 buah bola kecil yang dibagi menjadi 2 bagian masing-masing 5 buah. Bila perlu gunakan bola berwarna-warni, yang bisa dipisahkan menjadi 2 bagian. Hal ini memudahkan anak mengingat konsep pembagian sekaligus, karena warna merupakan salah satu unsur yang paling mudah diingat anak.
  5. Latih kepekaan rasa makanan dan memilih makanan yang paling disukai atau kurang disukai. Orangtua juga dapat mengajak Si Kecil bersama-sama menyiapkan makanan. Makin banyak anak mengenal rasa, jenis dan manfaat makanan, ia akan kreatif dan mampu beradaptasi dengan berbagai cita rasa makanan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares