Health

4 Momen Penting yang Membuat Berat Badan Mama Melonjak (dan Solusinya!)

By  | 

Mamas, ternyata beberapa kejadian besar dalam hidup Anda berpengaruh terhadap kenaikan berat bada lho. Namun jika Anda aware akan hal ini, maka hal tersebut bisa dihindari kok. Yuk simak momen apa saja dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Memiliki anak toddler. Yes Mamas, ternyata memiliki anak toddler dapat membuat berat badan Anda melonjak naik. Pasalnya, Anda kerap menyediakan makanan bergizi dan berkalori tinggi bagi Si Kecil, yang akhirnya menjadi menu untuk seluruh rumah termasuk Anda. Dan yang juga menjadi problem adalah saat Anda dan Si Kecil makan di luar kemudian ia tidak menghabiskan makanannya, Anda kerap berinisiatif untuk menghabiskan makanan tersebut
Solusinya: Meskipun Si Kecil memang membutuhkan makanan bergizi tinggi, namun bukan berarti memiliki kalori maupun berlemak tinggi. Anda justru harus membiasakan Si Kecil untuk mengonsumsi makanan sehat. Nah saat Anda mengajaknya maka di restoran, ada baiknya memesan satu menu untuk berdua. Konsep sharing makanan ini dapat membuat berat badan Anda tetap terjaga.

2. Liburan. Yang satu ini memang sulit untuk dihindari ya, Mams. Saat berlibur sudah pasti Anda juga tertarik mencicipi berbagai makanan khas setempat.
Solusinya: Banyak bergerak! Jika memungkinkan manfaatkan gym atau kolam renang hotel untuk olahraga setiap hari. Atau gunakan kendaraan umum selain taksi agar Anda banyak berjalan kaki dan bergerak.

30th birthday cake

3. Memasuki usia 30 tahun. Yang satu ini juga kerap menjadi keluhan para mama muda ya. Di usia ini banyak mama merasa kesulitan menurunkan berat badan, tidak seperti di usia 20-an. Yes Mams, di usia ini metabolisme tubuh Anda mulai melambat begitu pula dengan pembakaran kalori.
Solusinya: Bakar kalori Anda dengan berolahraga secara rutin, hal ini mutlak dilakukan saat usia Anda menginjak angka 30. Tak perlu olahraga berat lho, cukup jogging 20-30 menit sehari sudah dapat membantu Anda memiliki berat badan yang stabil.

 

4. Stres atau depresi. Menurut beberapa penelitian, wanita yang tengah stres juga berpotensi mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Hal ini disebabkan banyak wanita yang menjadikan makanan sebagai penghibur rasa sedihnya. Selain itu, orang yang stres atau depresi kerap sulit untuk tidur, hal ini memicu mereka untuk makan atau ngemil di malam hari.
Solusinya: Cari hobi atau pekerjaan yang membuat Anda tenggelam dalam kesibukan sehingga tidak memikirkan makanan. Dan yang pasti Anda harus segera menyelesaikan permasalahan yang ada dengan berbagai cara positif, misalnya ikut konseling. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares