Health

Yuk, Batasi Penggunaan Gadget!

By  | 

Selain berpengaruh pada kehidupan sosial, ternyata gadget juga dapat memengaruhi kondisi kesehatan Anda lho, Mams. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi penggunaan gadget sejak dini, agar kesehatan maupun kehidupan sosial Anda tetap terjaga. Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Dampak Gadget pada Kesehatan Anda

Berikut dampak negatif gadget pada kesehatan Anda, Mams:

1. Gangguan tidur. Yes Mams, ternyata gadget dapat membuat Anda sulit tidur. Pasalnya, selalu ada saja yang membuat Anda penasaran sehingga tidur hingga larut.

2. Obesitas. Terlalu banyak gunakan gadget membuat Anda malas bergerak yang tentunya mengganggu kestabilan berat badan.

3. Mata menjadi kering. Terlalu lama melihat gadget dapat menyebabkan mata gatal dan kering, jika mengalami hal ini, sebaiknya Anda mulai berhati-hati karena dapat memicu infeksi pada mata.

4. Gangguan pendengaran. Bagi Anda yang kerap bermain gadget dengan menggunakan earphone, sebaiknya mulai berhati-hati karena hal ini dapat membuat pendengarn Anda terganggu.

5. Back pain. Yes Mams, saat bermain gadget tanpa terasa Anda mengabaikan postur tubuh yang tepat, baik saat berdiri maupun duduk. Hal ini kerap menimbulkan nyeri di bagian pinggang dan punggung.

6. Stres. Beberapa penelitian mengatakan, penggunaan gadget apapun bentuknya, baik voice call, chatting, maupun video call dan lain-lain dapat memicu stres.

beautiful happy woman in headphones listening music near the wall

Cara Ampuh Batasi Penggunaan Gadget versi Smart Mama

1. “Saya selalu mematikan gadget setiap jam 8 malam hingga pagi hari. Dulu saya sering bermain Instagram di malam hari, hasilnya saya kerap kurang tidur dan tidak enak badan.” Lolita, 32 tahun, mama dari Jordan, 3 tahun

2. “Tidak ada game di smartphone saya! Saya termasuk pecinta game dan kalau sudah bermain tidak bisa berhenti. Jadi lebih tidak ada game sama sekali di telepon saya.” Mira, 27 tahun, mama dari Elle, 7 bulan

3. “Saya sengaja tidak membawa charger, jadi saya melihat gadget hanya untuk hal-hal penting saja.” Maulia, 30 tahun, mama dari Kyla, 4 tahun

4. “Aplikasi yang saya download sangat terbatas, hanya satu aplikasi chatting dan satu sosial media yang paling saya sukai. Hal ini cukup ampuh lho, saya tidak termasuk orang yang sebentar-sebentar melihat gadget.” Lila, 26 tahun, hamil 6 bulan (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares