Health

Aturan Perawatan Gigi Saat Hamil

By  | 

Perawatan gigi memang sensitif ya, Mams karena menyangkut jaringan saraf pada tubuh. Apalagi jika Anda tengah mengandung, tentunya ada aturan tertentu dalam perawatan gigi. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukan treatment gigi lho. Asalkan Anda ditangani oleh ahli yang tepat dan mengikuti aturan yang berlaku maka perawatan gigi yang Anda lakukan tidak akan mengganggu kehamilan Anda.

1.Kunjungi dokter gigi sejak awal. Bagi Anda yang tengah merencanakan kehamilan, ada baiknya sejak awal Anda melakukan pemeriksaan sekaligus perawatan gigi dan mulut. Saat hamil nanti, gigi Anda pun sudah dalam kondisi prima.

2. Rajin sikat gigi dan membersihkan sela gigi dengan dental floss. Smart Mama mengerti saat hamil Anda kerap merasa mual jika harus membersihkan gigi secara detail. Namun hal ini wajib dilakukan demi menghindari infeksi pada mulut dan gigi. Untuk menghindari rasa mual hingga muntah, Anda bisa langsung konsumsi jus segar setelah membersihkan gigi.

IMG_7744

3. Perhatikan makanan Anda. Tak hanya untuk kesehatan janin dan tubuh Anda, ternyata pola makan sehat juga berpengaruh pada kesehatan gigi. Perbanyak konsumsi makanan berserta dan sebisa mungkin hindari makanan yang terlalu manis.

4.Perbanyak minum air putih. Wanita hamil memang harus selalu menjaga hidrasi tubuh ya, Mams. Dan konsumsi air putih juga dapat berfungsi untuk menghilangkan racun atau toxic yang timbul akibat sisa makanan di mulut dan gigi.

5. Periksa gigi secara berkala. Perubahan hormon kerap menimbulkan masalah pada gigi. Oleh karena itu, Anda wajib memeriksakan gigi dan mulut secara berkala, juga melakukan perawatan yang aman. Pilih tempat perawatan gigi yang ditangani oleh tenaga profesional, sehingga mengerti betul merawat gigi wanita hamil. Tak hanya itu, tempatnya juga harus nyaman ya, Mams agar Anda merasa betah saat melakukan serangkaian perawatan.

Dentalosophy, sebuah klinik gigi di daerah Jakarta Selatan didirikan oleh tim dokter gigi andal. Klinik ini juga didesain dengan nyaman sehingga Anda maupun Si Kecil dapat melakukan perawatan dengan nyaman. Peralatan yang digunakan pun sangat lengkap dan tentu saja terjaga kesterilannya. Ingin mendapatkan perawatan gigi gratis dari Dentalosophy? Yuk sharing pengalaman masalah gigi yang Anda alami ketika hamil di kolom comment. 3 Mama yang beruntung akan mendapatkan konsultasi sekaligus membersihkan karang gigi secara gratis di Dentalosophy. Ditunggu! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com, Dok. Dentalosophy)

Shares