Health

6 Sumber Makanan Untuk Kekebalan Tubuh Si Kecil

By  | 

Ketika kondisi kekebalan tubuh menurun maka Si Kecil berpotensi terkena serangan penyakit. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh balita bunda agar selalu dalam kondisi prima. Berikut adapah beberapa hal yang harus diperhatikan agar kekebalan tubuh si buah hati terjaga sehingga tak gampang sakit:

1. ASI. Selain berfungsi sebagai sumber nutrisi, manfaat lain dari ASI adalah memberi sistem imunitas pada Si Kecil. Kekebalan tubuh anak bayi belum berkembang optimal sehingga asupan ASI sangatlah  penting untuk masa pertumbuhan.

2. Hindari konsumsi gula berlebih. Mengkonsumsi gula melebihi angka normal bisa  menurunkan kekebalan tubuh. Untuk itu,  batasi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen, coklat, soft drink, dan kue-kue manis.

coklat3

3. Omega-3. Komponen yang banyak terkandung dalam daging ikan terbukti dapat meredakan peradangan dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Selain ikan laut, jenis makanan yang kaya akan kadar Omega-3 adalah minyak nabati khsususnya minyak canola, flaxseed,  minyak kedelai, kacang dan biji-bijian, sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan brokoli, dan oatmeal.

8-manfaat-mengejutkan-dari-bayam

4. Probiotik. Probiotik adalah bakteri sehat yang tumbuh dalam sistem pencernaan Si Kecil. Mengkonsumsi makanan probiotik secara reguler  mampu menjaga sistem kekebalan tubuh khususnya pada area pencernaan. Yogurt  adalah alternatif yang bagus untuk memperkaya bakteri baik dalam perut Si Kecil.

Manfaat-Yoghurt-Untuk-Diet

5. Sayur dan buah. Banyak anak balita yang kurang mendapat asupan sayur dan buah setiap harinya, padahal dua kelompok makanan ini sangat diperlukan bagi daya tahan tubuh mereka. Tak hanya kaya akan zat nutrisi dan serat, kandungan fitonutrient dan zat antioksidan pada buah dan sayuran sudah terbukti secara ilmiah mampu mengoptimalkan kekebalan tubuhnya.

jeruk-mandarin

6. Vitamin A. Jenis vitamin ini diketahui berperan penting dalam kesehatan sistem syaraf, selain itu vitamin A diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh dari infeksi kuman. Minyak ikan cod adalah sumber terbaik dari vitamin tersebut, selain itu ubi jalar, wortel, sayuran berdaun hijau gelap, labu kuning, melon, tuna, dan mangga adalah jenis makanan yang kaya akan vitamin A.

foto-ketahui-3-manfaat-minyak-ikan-bagi-kesehatan

 

 

(Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares