Interior Design

9 Langkah Membersihkan Rumah Saat Lebaran

By  | 

Tak terasa sebentar lagi kita memasuki hari Raya Lebaran. Anda yang tak menggunakan jasa infal, tentu harus mengeluarkan energi ekstra untuk membereskan rumah saat menyambut hari lebaran. Kehadiran kerabat dan keluarga tentunya menambah suka cita dalam acara silaturahmi. Setelahnya, Anda tentu akan mendapati rumah tak lagi serapih sebelumnya. Jangan keburu stres dulu ya, Mams. Berikut, adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar rumah tetap bersih dan rapih. Selamat mencoba!

  1. Bawa boks kosong dan baskom berukuran cukup besar, serta tempat sampah. Taruh ketiga benda itu di tengah ruangan.
  2. Kemudian, bereskan semua piring dan gelas kotor yang ada di ruangan itu dengan menggunakan baskom tadi. Langsung taruh di dapur. Anda bisa mencuci semua piring dan gelas kotor itu setelah Anda selesai membereskan ruangan.
  3. Kumpulkan semua sampah dan kertas-kertas tidak terpakai lalu masukkan dalam kotak sampah.
  4. Kumpulkan benda-benda yang tidak seharusnya ada di ruang tersebut, seperti misalnya mainan anak, pakaian kotor, dan sebagainya. Lalu taruh di boks kosong yang sudah Anda siapkan. Anda juga bisa meminta bantuan Si Kecil untuk membereskan mainan dan barang lainnya yang cukup aman baginya lho, Mamas.
  5. Setelah itu, ambil dua buah lap, basah dan kering. Dengan cepat, lap benda-benda seperti frame foto atau meja yang berdebu dengan lap basah baru dengan lap kering.
  6. Setelah itu, lanjutkan dengan menyapu ruangan agar debu yang menempel hilang.
  7. Bila menurut Anda lantai masih lengket akibat minuman manis Si Kecil yang tumpah, maka mau tak mau Anda harus mengepel lantai agar kembali bersih. Namun bila disapu sudah cukup, mengepel bisa masuk dalam agenda Anda esok hari.
  8. Semprotkan pengharum ruangan agar saat ada tamu yang datang lagi, suasana ruangan terasa segar.
  9. Kalau waktu membereskan ruang tamu ini tidak banyak, untuk sementara bawa boks dan tempat sampah ke gudang atau garasi rumah. Jika Anda tidak punya banyak waktu, tunda dulu menaruh barang-barang yang ada di kedua kotak itu pada tempatnya. Yang terpenting, ruang tamu Anda sudah rapih dari barang-barang yang tidak seharusnya ada di sana. (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares