Health

Amankah Naik Pesawat di Trimester Pertama?

By  | 

Bagi Anda yang tengah hamil muda tentu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan yang satu ini ya. Apalagi jika Anda menyukai traveling atau pekerjaan menuntut Anda untuk melakukan perjalanan bisnis. Untuk itu, Smart Mama mencoba menjawab pertanyaan Anda, sekaligus tip naik pesawat di trimester awal. Yuk simak!

Menurut para ahli, selama kehamilan Anda dinyatakan normal, tidak ada hal yang berbahaya bagi wanita hamil untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Anda sama sekali tidak akan terkena risiko terkena radiasi maupun hal lain yang berbahaya. Namun biasanya calon mama yang malas bepergian karena morning sickness yang kerap menyerang wanita hamil di trimester pertama. Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan lima hal berikut:

  1. Pilih tempat duduk yang dekat dengan toilet. Agar Anda mudah menjangkau toilet kala mual menyerang, pilih tempat duduk yang berada di aisle ya, Mams.
  2. Minta obat anti mual pada dokter. Sebelum melakukan perjalanan, tentu Anda akan mengunjungi dokter untuk mengetahui kondisi kehamilan. Nah ada baiknya Anda meminta obat anti mual padanya agar perjalanan Anda lebih nyaman.
  3. Gunakan stoking. Hal ini berguna agar Anda senantiasa hangat selama perjalanan berlangsung.
  4. Banyak minum air putih. Jika tubuh Anda terhidrasi dengan baik, maka Anda akan merasa lebih nyaman.
  5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas. Konsumsi makanan yang memiliki kadar gas tinggi seperti kol atau minuman bersoda di ketinggian memiliki risiko tinggi mengalami sakit perut. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares