Health

Yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Keguguran

By  | 

Saat dinyatakan hamil, tentu saja para calon mama sangat bahagia campur khawatir akankah proses kehamilan berjalan lancar hingga persalinan tiba? Adakah cara untuk mencegah keguguran? Yes Mamas, ternyata beberapa cara yang sebetulnya simpel berikut, dapat menghindari Anda dari risiko keguguran. Yuk simak!

  • Saat merencanakan kehamilan, segera kunjungi dokter kandungan. Ada baiknya sebelum Anda dinyatakan hamil, Anda konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan mengenai kondisi kandungan Anda termasuk kemungkinan adanya virus toksoplasma atau rubella. Namun jika Anda sudah terlanjur hamil, segera periksakan pada dokter kandungan guna mengetahui kondisi kehamilan sejak awal.
  • Konsumsi makanan sehat. Yang satu ini juga sangat penting, Mams. Pilih makanan sehat dan kaya serat seperti sayur dan buah, jangan lupa juga konsumsi makanan kaya protein namun rendah lemak. Hindari makanan yang memancing rasa mulas seperti makanan pedas atau asam.
  • Olahraga ringan. Jika Anda sudah terbiasa berolahraga, sebaiknya kebiasaan baik tersebut diteruskan ya, Mams. Hanya saja Anda harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda yang kini tengah berbadan dua. Jika biasanya Anda berolahraga high impact, ubah menjadi low impact.
  • Batasi asupan kafein. Para ahli menyarankan, dalam satu hari calon mama hanya boleh mengonsumsi kafein sebanyak 200 miligram. Dan Mamas, tak hanya kopi, teh atau coklat juga mengandung kafein ya.
  • Hindari stres. Nah yang satu ini memang sulit dilakukan ya. Mams. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan Anda selama masa kehamilan. Untuk mengatasinya, jangan simpan problema Anda, lebih baik Anda keluarkan dalam bentuk tangisan maupun berbicara dengan orang terdekat. Selain itu, sempatkan diri untuk me time dan relaksasi. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares