Health

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Si Kecil

By  | 

Ya, tentu Anda tahu kecerdasan otak Si Kecil dipengaruhi oleh faktor internal yaitu genetika. Tetapi, beberapa faktor eksternal termasuk pada aktivitas fisik, stimulasi, asupan nutrisi dan kesehatan juga ikut berperan. Untuk itu berikan asupan nutrisi yang terbaik untuk merangsang kecerdasan anak.

1.  Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3, EPA dan DHA keduanya penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan asupan asam lemak omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam.

2.  Telur
Kuning telur terbukti mengandung kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori. Anda dapat menyediakan jenis variasi olahan telur untuk menambah selera makan Si Kecil seperti, telur dadar, mata sapi, atau omelet.

3. Selai kacang
Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh

4. Oatmeal
Oat merupakan salah satu dari sereal paling digemari Si Kecil dan kaya akan nutrisi penting bagi otak.Kandungan serat di dalam oatmeal mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan Si Kecil. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, seng dan kalium yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi secara optimal.

5. Jenis Buah
Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dari ekstrak strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingat. Selain itu biji dari buah-buah berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan. (Yosi Avianti/ Photo : Istockphoto.com)

Shares