Health

8 Makanan untuk Meningkatkan Fertilitas

By  | 

Bagi sebagian besar pasangan suami istri di dunia, memiliki bayi atau keturunan memang merupakan dambaan terbesar mereka. Tapi waktu untuk hamil tiap wanita memang tidak sama. Anda yang harus menunggu bertahun-tahun hingga akhirnya berhasil hamil, ada yang menunggu beberapa bulan, bahkan ada yang hanya dalam hitungan minggu setelah menikah ia positif hamil. Bila Anda termasuk wanita yang masih menunggu untuk hamil, baik kehamilan pertama maupun kehamilan berikutnya, tak usah berkecil hati ya, Mams. Pasalnya mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa meningkatkan kesuburan atau fertilitas Anda sehingga otomatis mempertinggi kesempatan Anda untuk hamil juga bukan? Berikut daftar superfood untuk meningkatkan fertilitas Anda, Mamas.

1. Nasi merah. Salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita yaitu dengan memperbaiki siklus menstruasi menjadi teratur. Dalam sebuah penelitian selama enam tahun kepada 18.000 wanita, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi nasi putih kerap alami masalah kesuburan atau infertilitas dibandingkan mereka yang makan nasi merah. Nasi merah juga merupakan sumber asam folat yang diperlukan dalam produksi darah dan juga sangat penting guna mencegah kecacatan batang otak pada newborn.

2. Whole milk. Bila Anda sedang berencana hamil, hindari untuk sementara konsumsi susu rendah lemak yang bisa mengurangi tingkat kesuburan Anda. Pilih susu biasa atau whole milk yang memiliki kandungan kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan reproduksi dan juga tulang Anda. Mengonsumsi segelas whole milk setiap hari maka Anda meningkatkan kesempatan Anda untuk mengandung lho.

3. Brokoli. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Fertility and Sterility, makanan yang kaya vitamin C ternyata berperan penting untuk Anda yang berniat program kehamilan. Dan ternyata kandungan vitamin C yang tinggi terdapat dalam brokoli sehingga sayuran hijau ini baik untuk tingkatkan fertilitas Anda serta mengurangi kemungkinan Anda keguguran maupun masalah kelainan kromosom.

4. Tiram. Salah satu makanan laut yang lezat ini memiliki kandungan seng, yang diperlukan untuk Anda yang ingin memiliki anak. Seperti yang Anda ketahui, kekurangan zat seng ternyata bisa memengaruhi ketidaknormalan siklus menstruasi pada wanita serta berpengaruh pada kemungkinan terjadi keguguran di awal kehamilan. Oleh karena itu, jadikan tiram dalam salah satu menu mingguan Anda ya.

5. Telur. Tak hanya memiliki kandungan protein tinggi, telur juga memiliki kadar vitamin D yang bisa meningkatkan kadar fertilitas wanita. Berdasarkan sebuah studi di Universitas Yale di New Haven, Connecticut, Amerika, ternyata kebanyakan mereka yang memiliki masalah kesuburan juga alami kekurangan vitamin D. So, jangan lupa untuk rajin makan telur yang juga kaya akan antioksidan ini ya bila Mamas memang ingin lebih subur.

6. Salmon. Kandungan asam lemak omega 3 yang super tinggi di dalam salmon ternyata mampu memberi efek baik bagi hormon reproduksi, meningkatkan aliran darah di organ reproduksi, dan juga mampu meminimalisasi stres. Kandungan ‘ajaib’ lain di dalam salmon adalah selenium, yaitu mineral yang memproduksi antioksidan yang mampu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Tak hanya itu, selenium juga bisa mencegah terjadinya kerusakan kromosom yang bisa menyebabkan kecacatan dan juga keguguran. Jadi, ada baiknya Anda memasukkan salmon dalam menu harian Anda setidaknya 2-3 kali dalam seminggu ya, Mams.

7. Almond. Penyebab infertilitas pada wanita salah satunya adalah kekurangan vitamin E. Vitamin yang banyak ditemui dalam camilan lezat, almond ini juga ternyata merupakan antioksidan yang bisa melindungi DNA baik sperma maupun sel telur sekaligus meningkatkan kesuburan Anda.

8. Alpukat. Buah favorit banyak orang ini mampu meningkatkan kesuburan Anda karena kandungan asam folat tinggi, lemak tak jenuh tunggal, dan juga enzim yang bermanfaat untuk tubuh. Anda yang sedang dalam program bayi tabung atau In-Vitro Fertilization (IVF) sebaiknya mengonsumsi banyak salad berisi alpukat dan minyak zaitun. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares