Health

5 Camilan yang ‘Aman’ Dikonsumsi di Malam Hari

By  | 

Mengonsumsi makanan di atas pukul 19.00 malam bagi sebagian wanita dianggap ‘haram’ karena dinilai akan mampu membuat jadi lebih cepat gemuk. Padahal tahukah Anda, Mamas bahwa sebetulnya ada makanan atau camilan yang ‘aman’ dikonsumsi tengah malam sekalipun, lho. Berikut daftarnya.

1. Coconut-mango cream
. Dessert lezat satu ini memang tidak dijual di pasaran. Anda tinggal membuatnya sendiri dengan mudah lho. Kupas sebuah mangga lalu potong kecil-kecil, kemudian buatlah santan encer dari sebutir kelapa yang agak tua. Campurkan potongan mangga dalam rendaman santan yang sudah dimasak dengan tambahan sedikit gula. Segar dan lezat lho.

2. Cokelat pahit
. Siapa sih yang tak suka makan cokelat? Kebanyakan wanita pasti suka dengan camilan satu ini. Tapi jangan makan sembarang cokelat ya, Mams. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin camilan ini berkalori tinggi lho. Tapi tak demikian dengan dark chocolate atau cokelat pahit ini. Makanan satu ini rendah kalori dan kaya akan antioksidan yang juga bisa membantu merendahkan tekanan darah serta meningkatkan mood Anda.

3. ‘Es krim’ stroberi-pisang
. Es krim memang salah satu camilan yang sangat menggoda, baik di siang maupun malam hari. Tapi satu cup kecilnya saja sudah mengandung lebih dari 200 kalori lho. Oleh karena itu, siasati dengan membuat sendiri ‘es krim’ pisang stroberi yang juga nikmat ini. Bekukan dua buah pisang yang dipotong dengan beberapa buah stroberi. Setelah beku blender campuran pisang stroberi ini dengan food processor sampai berbentuk seperti seperti es krim. Bebas gula dan bebas lemak bukan?

4. Pistachio. Kacang satu ini memang bercitarasa gurih dan nikmat. Tak heran jika banyak orang menyukainya. Kabar baiknya untuk Anda yang suka ngemil kacang, pistachio mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin B6, folat, lemak tak jenuh, biotin, dan tiamin. Lantaran kacang pistachio ini juga harus dikupas terlebih dahulu sebelum dimakan, maka Anda juga tak perlu khawatir akan makan terlalu banyak seperti halnya jika Anda ngemil kacang bawang, Mamas.

5. Susu hangat dan madu. Sejak lama segelas susu hangat dipercaya bisa membantu mereka yang memiliki masalah insomnia. Karena itu susu hangat, bisa jadi pilihan camilan malam yang memberi efek relaks namun tetap rendah lemak. Agar lebih nikmat tambahkan susu tawar Anda dengan sesendok madu yang manis tapi tidak ‘jahat’ bagi tubuh seperti halnya gula. Jadi jam berapa pun Anda ingin meminumnya, di tengah malam sekalipun, susu hangat plus madu ini adalah pilihan tepat lho. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto)

 

Shares