Mungkinkah Penyakit Cacar Berulang?

By  | 

Q: Dear dr. Monique,
Anak saya baru saja sembuh dari penyakit cacar air. Mungkinkah suatu hari nanti ia bisa terserang penyakit ini lagi?

Adisty, 29 tahun, mama dari Naura, 4 tahun

A: Dear Ny. Adisty,
Penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi virus, yaitu virus varicella zooster. Apabila anak Anda sudah pernah terserang penyakit cacar air, tentunya ia tidak akan mengalami penyakit ini untuk kedua kalinya. Namun pada penyakit ini dapat terjadi komplikasi, yaitu penyakit herpes zooster. Penyakit ini dapat muncul pada beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian setelah terkena penyakit cacar air.

Pada herpes zoster, perjalanan penyakitnya belum seluruhnya diketahui. Selama terjadinya cacar air, Varicella Zooster Virus (VZV) berpindah tempat dari lesi kulit ke ganglion saraf sensoris. Pada ganglion tersebut terjadi infeksi laten dimana virus tersebut tak lagi menular dan tidak bertambah banyak tetapi tetap mempunyai kemampuan  berubah menjadi infeksius apabila terjadi reaktivasi virus. Virus ini dapat aktif kembali pada saat imun tubuh anak sedang menurun. Virus yang aktif kembali tersebut akan menyebar dan akan sampai ke kulit dan kemudian akan timbul gejala klinis menjadi penyakit herpes zooster. Gejala herpes zooster yang dapat dijumpai yaitu nyeri, terasa baal, lemas,nyeri kepala, dan demam, biasanya terjadi 1-3 minggu sebelum timbul ruam dikulit.

Lesi kulit yang khas dari herpes zooster yaitu lokasi biasanya pada satu sisi dan jarang melewati garis tengah tubuh. Lesi berupa bercak kemerahan yang kemudian dalam waktu 12 – 24 jam akan berkembang menjadi bentol yang berisi cairan, hingga akhirnya akan menjadi keropeng dan sembuh tanpa meninggalkan bekas pada hari ke 7 – 10. (dr. Monique/Redaksi/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares