Parenting

5 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

By  | 

Bagi orangtua baru, terkadang merawat Si Bayi tentu bukan urusan mudah, apalagi jika buah hati itu adalah buah hati pertama. Pada dasarnya, merawat bayi sangat butuh kesabaran ekstra, Mams. Anda perlu sabarĀ memberinya makan, minum, memandikannya saat pagi dan sore, serta menidurkannya saat malam.

Nah, agar bayi bisa tidur nyenyak di malam hari, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda ya.

1. Memandikan dengan air hangat. Memandikan bayi dengan air hangat adalah cara termudah sekaligus paling jitu agar bayi bisa tidur nyenyak. Saat mandi, berikan pijatan pelan agar tubuh bayi makin rileks dan tenang.

2. Susui bayi sebelum tidur. Pastikan agar bayi dalam kondisi kenyang saat tidur. Berikan makanan atau susu sebelum tidur. Jangan biarkan ia dalam keadaan lapar ketika tidur karena hal ini dapat membuatnya menjadi rewel lho.

3. Temani saat tidur. Usahakan agar Anda berada di samping bayi saat ia tertidur ya, Mams. Bayi yang tidur dan ditemani orangtuanya akan lebih tenang, lebih pulas dan lebih nyaman saat tidur.

4. Tempat tidur bersih. Usahakan agar tempat tidur bayi selalu bersih. Karena kebersihan tempat tidur salah satu jaminan agar Si Kecil bisa tidur nyenyak. Selain bersih, usahakan membuat suasana tempat tidur jadi nyaman dan wangi. Bila perlu, beri wewangian alami (minyak lavender) agar bayi dapat tidur nyenyak.

5. Lampu. Untuk menciptakan suasana nyaman saat tidur adalah lampu. Usahakan agar bayi tidur di bawah nyala lampu yang temaram. Hindari menidurkan bayi di bawah sinar lampu yang terlalu terang. Lampu untuk bayi cukup lampu yang redup namun hangat dan nyaman. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares