Health

8 Makanan Kaya Oksigen untuk Tubuh

By  | 

Tanpa oksigen kita tak akan bisa bernapas. Oleh karena itu peran oksigen dalam hidup manusia tentulah sangat krusial. Selain lewat udara yang kita hirup secara cuma-cuma setiap hari, ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh agar lebih optimal lho, Mams. Cara itu dengan mengonsumsi beberapa jenis alkaline foods yang bisa meningkatkan suplai oksigen dalam tubuh kita. Apa saja yang tergolong dalam alkaline foods ini? Ikuti penjelasan Smart Mama berikut.

1. Bayam.
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kandungan zat besi di dalam sayuran ini sangat tinggi. Zat tersebut dapat membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga bisa memberi manfaat untuk otak dan otot Anda. Bayam juga kaya akan phytonutrients yang merupakan salah satu makanan tersehat di dunia.

2. Brokoli. Sayuran yang lazim dimasak dalam campuran sop atau capcai ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan dalam brokoli sangat tinggi sehingga dapat mendukung metabolisme oksigen di dalam tubuh. Konsumsi brokoli setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi peredaran oksigen di seluruh tubuh.

3. Alpukat. Buah yang kaya akan beragam vitamin dan mineral ini mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh serta meningkatkan suplai oksigen ke otak. Jadi bila Mamas merasa tubuh Anda mulai kekurangan oksigen, segera konsumsi alpukat dalam menu harian Anda.

4. Blueberi. Buah yang tergolong dalam keluarga berry ini kaya akan antioksidan serta baik untuk membantu meningkatkan kemampuan otak dan juga memori Anda serta memperbanyak suplai oksigen dalam tubuh.

5. Ubi manis. Kaya akan antioksidan dan membantu melindungi organ tubuh kita dari berbagai kerusakan. Ubi manis tak hanya kaya mineral tapi juga tinggi magnesium dan potasium.

6. Agar-agar. Tak hanya baik untuk masalah pencernaan, agar-agar yang terbuat dari rumput laut ini bisa meningkatkan suplai oksigen di dalam darah kita.

7. Semangka. Buah segar berwarna merah atau kuning ini memiliki ph lebih dari 9. Semangka juga kaya akan kandungan beta karoten dan likopen yang bisa menaikkan kadar oksigen di dalam tubuh.

8. Kiwi. Memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi diantara buah-buahan lain. Buah berwarna hijau ini juga dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Kiwi juga dipercaya dapat meningkatkan suplai oksigen di dalam peredaran darah Anda. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares