Education

Manfaat Bermain Catur Untuk Si Kecil

By  | 

Mungkin belum terpikir dibenak Anda mengajarkan Si Kecil yang masih berusia balita untuk bermain catur ya, Mamas. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat lho. Berikut, manfaatnya jika Anda mengenalkan permainan ini sejak dini.

1. Berpikir kritis. Bermain catur memerlukan keterampilan berpikir kritis. Anak Anda harus berpikir beberapa langkah ke depan sebelum pindah. Terkadang sebagai orangtua kita terlalu memanjakan dan menuruti semua keinginannya. Nah, mulai sekarang ajarilah ia bermain catur yang akan membuat mereka belajar dan berpikir sendiri.

2. Meningkatkan kemampuan otak. Dengan bermain catur, Si Kecil akan mengembangkan analisa berpikir dan keterampilan mengambil keputusan, yang nantinya dapat digunakan pada kehidupan nyata.

3. Disiplin. Salah satu bagian terbaik dari permainan ini adalah mengajarkan Si Kecil berdisiplin. Bermain catur mengajarkan bagaimana mengantisipasi dan merencanakan masa depan. Jika Sang Buah Hati merencanakannya dengan baik, maka ia akan menerima imbalannya. Jika tidak merencanakan dengan baik, maka ia juga akan merasakan konsekuensinya.(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares