Career

5 Tip Berkarier Saat Hamil dari Sarah Cooper

By  | 

Kehamilan dapat mengubah kehidupan seorang calon mama. Dari perubahan bentuk tubuh, hingga gaya hidup yang harus disesuaikan demi kesehatan Anda dan janin dalam kandungan. Terlebih bagi calon mama bekerja, ritme kerja yang sibuk dan daya tahan tubuh yang tak sekuat dulu memaksa Anda untuk benar-benar dapat menyesuaikan diri agar tetap produktif bekerja. Sarah Cooper, career and lifestyle coach, akan berbagi tip bagi mama bekerja yang sedang hamil.

  1. Tak usah pedulikan orang-orang yang mengatakan kalau ini adalah akhir dari kehidupan Anda, Mams to be. Hidup Anda tentunya akan berubah setelah Si Kecil lahir nanti, namun Anda tetap bisa memiliki kehidupan seperti sebelumnya, dengan sedikit penyesuaian tentunya.
  1. Jalani kehamilan Anda dengan penuh semangat, dan persiapkan karier yang lebih baik setelah bayi Anda lahir nanti. Analisa kembali karier Anda dan pastikan agar skills Anda terus berkembang.
  1. Jangan menjanjikan sesuatu yang Anda sendiri belum tahu kepastiannya karena hanya akan mempermalukan Anda nantinya (seperti yang pernah saya lakukan dulu). Tentunya Anda akan mengambil cuti selama tiga bulan, maka pastikan apakah ada kemungkinan kantor mengizinkan bila Anda ingin memperpanjang masa cuti, dan bagaimana dengan perhitungan gajinya. Jangan pernah mengatakan pada atasan kalau Anda sudah pasti akan kembali bekerja setelah tiga bulan masa cuti dan bisa langsung bekerja secara full time seperti sebelumnya. Karena Anda tak akan pernah tahu apa yang terjadi nanti. Seperti halnya yang pernah terjadi pada saya, karena usai cuti melahirkan, saya malah mengundurkan diri dan pindah ke Cina. Sebaiknya katakan pada bos Anda kalau Anda akan mengambil cuti selama tiga bulan, namun bila Anda akan memperpanjang cuti, maka Anda akan menginformasikannya pada Si Bos jauh hari sebelumnya.
  1. Setelah menjadi ibu, nantinya predikat Anda tak lagi ‘Kate Si Pengacara Handal’, namun juga ‘Kate, Si Mama Hebat untuk Dennis’. Dan kehamilan serta memiliki anak bisa mengubah apapun. Anda yang tadinya berprofesi sebagai pengacara misalnya, saat mendesain kamar bagi bayi Anda nanti, tiba-tiba saja Anda menemukan passion baru Anda, yaitu menjadi interior designer.
  1. Tetaplah produktif dan kreatif saat hamil dan juga saat cuti melahirkan. Cobalah lakukan hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Saat saya cuti melahirkan, saya menulis artikel pertama saya di sebuah majalah, yang kemudian menjadi artikel tetap di majalah itu. Saya pun juga belajar bahasa Mandarin. Dan kegiatan-kegiatan tersebut akhirnya membawa saya untuk menjadi career coach seperti saat ini. Masa cuti tersebut benar-benar merupakan beberapa bulan yang sangat istimewa bagi saya. Jadi Mams to be, salah besar bila dibilang kehamilan membuat Anda tak produktif. Kehamilan justru bisa membuat Anda lebih cemerlang dalam karier. (Tammy Febriani/LD/Photo: Various).

 

Shares