Education

Manfaat Belajar Mengunting dan Menempel untuk Si Kecil

By  | 
Mungkin Anda sering melarang Si Kecil memegang gunting karena takut tangannya terluka ya, Mamas. Si Kecil pun jarang dianjurkan melakukan kegiatan tempel-menempel dengan alasan lem yang dipakai bisa membuat tangannya jadi kotor dan lengket. Padahal hal itu tak perlu dikhawatirkan lagi karena saat ini sudah tersedia gunting yang dirancang untuk balita sehingga relatif aman bila digunakan. Kegiatan menempel pun bisa disiasati tanpa lem. Sediakan saja lembaran stiker, lengkap dengan buku aktivitasnya untuk kegiatan tempel-menempel. Ternyata, koordinasi mata dan tangan saat menggunting dan menempel dapat merangsang kerja otak Si Kecil, Mams.
Berikut adalah beberapa manfaat untuk Si Kecil dari kegiatan menggunting dan menempel.
1. Melatih motorik halus. Menggerak-gerakkan gunting, mengikuti alur guntingan kertas merupakan kegiatan efektif untuk mengasah kemampuan motorik halus anak. Begitu juga dengan kegiatan menempel. Membuka perekat lalu menempelkan di tempat yang sudah ditentukan membuat jari jemari lebih terlatih.
2. Melatih koordinasi tangan-mata, dan konsentrasi. Bermanfaat merangsang pertumbuhan otak yang lebih maksimal, mengingat pada usia balita masa pertumbuhan otak seorang anak akan sangat pesat.
3. Meningkatkan kepercayaan diri. Ketika Si Kecil berhasil menggunting dan menempel, ia akan melihat hasilnya. Hal ini akan membantu rasa percaya dirinya dan berusaha melakukan kegiatan itu kembali.
4. Lancar menulis. Gerakan halus yang dilakukan saat latihan menggunting dan menempel akan membantu anak lebih mudah belajar menulis. Anak yang masih kaku memegang pensil dan yang tulisannya tak beraturan, bisa jadi akibat kemampuan motorik halusnya tidak dilatih.
Berikut beberapa cara menstimulasi Si Kecil melakukan kegiatan menggunting dan menempel:
1. Berikan contoh memegang gunting yang aman dengan posisi benar. Jelaskan jari mana yang harus masuk ke lubang bagian bawah dan jari yang harus masuk ke lubang bagian atas. Lalu praktikkan cara menggunting dengan belajar menggerak-gerakkan jari tangan dari atas ke bawah. Dengan memiliki dasar yang benar setidaknya Si Kecil akan lebih mudah melakukannya.
 
2. Perhatikan keamanan anak dan orang-orang di sekitarnya. Cegahlah jika Si Kecil akan melakukan hal berbahaya, misalnya mengacung-acungkan gunting ke sana ke mari, membawa gunting sambil berlari, atau memasukkan gunting ke dalam mulut.
3. Mulailah dengan menggunting bebas. Setelah Si Kecil mampu melakukannya, tingkatkan dengan mencoba hal lebih sulit, seperti menggunting dengan mengikuti garis lurus, lingkaran, kotak, dan sebagainya.
4. Untuk mengajarkan menempel, berikan contoh cara membuka stiker dan menempelkannya. Memberi contoh dengan dipraktikkan akan lebih dimengerti dibandingkan penjelasan dengan kata-kata. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares