Education

Agar Si Kecil Tidak ‘Stres’ Saat di Day Care

By  | 
Sebagai ibu bekerja, salah satu alternatif menitipkan Si Kecil adalah di day care. Tapi apakah ia betah atau mungkin malah menjadi ‘stres’? Pada usia 1-2 tahun umumnya Si Kecil belum mengerti tentang konsep sesuatu. Namun saat ia tahu di sekitarnya tidak ada orang yang dikenal terutama ibu, anak lalu berubah menjadi cemas, panik, dan sedih. Meski begitu, ada juga yang tidak mengalaminya. Beberapa peristiwa yang membuat Si Kecil stres biasanya saat dititipkan di day care karena ia memiliki pengasuh baru, punya adik, dan lainnya.
Secara bertahap, nantinya Si Kecil akan memahami bahwa Anda akan selalu kembali setelah meninggalkannya dan hal ini akan memberi ia rasa nyaman. Hal ini juga yang akan membantu Si Kecil lebih mandiri. Berikut tip yang bisa Anda praktikkan untuknya.
 
1. Beri waktu beradaptasi. Saat Si Kecil berusia 1 – 2 tahun dan harus menitipkan anak di day care sebaiknya Anda yang mengantarkannya langsung.  Untuk seminggu pertama, Anda bisa menemaninya selama 30 menit, agar ia tidak merasa asing.
2. Tetap tenang dan konsisten. Ciptakan ritual sebelum Anda pergi dengan mengatakan kata-kata yang menyenangkan, sayang, dan tegas. Tunjukkan keyakinan pada Si Kecil bahwa Anda akan kembali menjemputnya usai pulang kantor.
3.Menepati janji. Hal ini sangat penting untuk membentuk rasa yakin pada anak dan agar Si Kecil bisa melalui waktu saat harus berpisah dengan Anda.
4. Bawa benda kesayangan. Bawalah beberapa benda kesayangannya, entah itu boneka atau bantal tidurnya. Dengan begitu Si Kecil akan merasa lebih nyaman meski berada di tempat baru.
5. Makanan dan camilan. Jika biasanya beberapa day care sudah menyediakan makanan, tidak ada salahnya Anda juga bawakan makanan dan camilan favoritnya. Mungkin saja ia tidak cocok dengan makanan yang disediakan di tempat itu. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares