Health

Manfaat Tidur Siang yang Perlu Anda Ketahui

By  | 

Apakah Anda kerap merasa mengantuk selepas makan siang? Jika ya, Anda tidak sendirian kok, Mams, banyak mamas yang juga merasakannya. Tidur siang yang biasanya dianggap sebagai rasa malas atau kurang semangat dalam bekerja ini, tidak sepenuhnya benar lho, Mams. Tidur siang justru memberikan banyak manfaat bagi Anda, salah satunya yaitu dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Orang dewasa, seperti halnya juga Anda, pasti juga sering mengalami kurang tidur pada malam hari, misalnya karena harus bekerja dalam jangka waktu panjang, atau menenangkan Si Kecil yang rewel. Jadi, jika Anda berpikir tidur siang hanya bermanfaat untuk bayi atau anak-anak, maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Tidur siang justru diklaim dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda sebagai orang dewasa.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tidur siang:

  • Mengurangi rasa lelah.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Meningkatkan kinerja.
  • Mengurangi stres. Tidur siang dapat menurunkan kadar hormon stres menjadi lebih rendah, sehingga bermanfaat membuat seseorang jadi lebih rileks dan menurunkan stress.
  • Mencegah penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Yunani, tidur siang selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.
  • Meningkatkan kewaspadaan. Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian ini juga menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.
  • Memperbaiki mood. Neurotransmitter serotonin berfungsi untuk mengatur suasana hati. Dan ketika tubuh kita stres, jumlah serotonin yang digunakan menjadi lebih tinggi sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa jadi mudah cemas, mudah marah, depresi, dan mudah terganggu. Nah, tidur siang mampu mengembalikan serotonin yang hilang dan memperbaiki mood Anda.
  • Meningkatkan kreativitas. Istirahat dan relaksasi tidak hanya penting untuk kesehatan tubuh, namun juga membuat orang jadi lebih kreatif . Orang-orang cenderung lebih imajinatif setelah tidur malam yang baik. Ahli lainnya setuju bahwa tidur siang dapat menyebabkan ide-ide yang lebih baik nantinya.
  • Meningkatkan daya ingat. Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya kerja otak dalam mengingat sesuatu. Bahkan menurut penelitian, tidur siang dalam waktu 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak lebih baik dibandingkan minum air putih. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares