Beauty & Style

Q & A : Yang Harus Dibawa Calon Mama Saat Traveling

By  | 

Q : Salah satu hobi saya adalah traveling ke berbagai negara. Namun sejak hamil saya belum pernah bepergian lagi. Adakah saran dari Smart Mama, barang apa saja yang harus saya bawa selama traveling?
Diska, 30 tahun, hamil 3 bulan

A : Bepergian ke luar negeri saat hamil tentu bukanlah masalah, selama kehamilan Anda dinyatakan normal oleh dokter. Idealnya ibu hamil bepergian jauh di usia kandungan 14-28 minggu. Nah, ada beberapa barang yang wajib Anda bawa agar liburan berjalan lancar. Antara lain :

1. Bawa air minum secukupnya. Air putih sangat penting untuk ibu hamil. Air putih juga punya manfaat seperti mengurangi sakit kepala akibat penerbangan, mencegah dehidrasi, dan menyeimbangkan suhu tubuh. Bawalah botol minuman ke manapun Anda pergi dan cukupi kebutuhan air minimal dua liter per hari ya.
2. Bawa camilan bernutrisi. Jangan berharap atau mengandalkan makanan di pesawat yang biasanya menyajikan fastfood lho. Juga,  jangan mengandalkan makanan di jalan karena nutrisi yang terkandung dalam makanan belum tentu baik. Camilan sehat juga akan membuat bayi di dalam perut tidak kekurangan asupan gizi. Bawalah snack seperti kacang-kacangan, biskuit, atau buah kering.
3. Obat-obatan. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum bepergian. Mintalah beberapa obat yang bisa dibawa saat traveling, karena pasti aman dikonsumsi ibu hamil.
4. Bantal. Saat bepergian ke luar negeri dan harus menempuh perjalanan berjam-jam, mintalah bantal pada pramugari. Taruh bantal di bawah kaki atau di belakang bahu selama perjalanan, cara ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.
5. Pakaian nyaman. Pakailah busana yang nyaman sesuai kondisi kehamilan. Jangan memakai pakaian terlalu ketat, dan bahan yang tak menyerap keringat.
6. Flat shoes. Saat liburan, bawalah alas kaki yang nyaman, seperti flat shoes. Jika dalam liburan Anda banyak agenda berjalan kaki, sebaiknya bawa juga sepatu yang mengikuti kontur kaki seperti sepatu olahraga. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares