Mind

8 Ketakutan Kala Hamil (dan Solusinya)

By  | 

Pada kehamilan pertama khususnya, wajar saja jika Anda memiliki ketakutan serta kekhawatiran seputar kondisi Anda dan Si Bayi. Namun jangan khawatir Mams, semua ada jalan keluarnya kok. Berikut delapan ketakutan dan kekhawatiran yang biasanya dialami calon mama dan solusinya.

  1. Mengonsumsi makanan berbahaya bagi janin. Pada umumnya mamas yang baru pertama kali hamil kerap jadi ‘picky eater‘ karena khawatir makanan itu membahayakan janin dalam kandungannya. Anda memang wajib memikirkan hal tersebut Mams, pasalnya beberapa makanan memang dinyatakan berbahaya bagi janin, contohnya daging kurang matang, makanan dengan banyak MSG, sushi, dan tentu saja minuman beralkohol. Tetapi jangan sampai juga berlebihan memilih asupan, sebaiknya Anda tetap relaks dan hanya menjauhi makanan yang betul-betul dinyatakan berbahaya.
  2. Khawatir keguguran. Hal ini wajar saja Mams, tetapi jangan sampai Anda khawatir berlebihan ya. Apabila dokter menyatakan kehamilan baik-baik saja, maka Anda harus menjalaninya dengan santai sehingga tidak stres yang justru malah berbahaya. Rajin saja minum vitamin dari dokter serta jaga kondisi dengan tidak terlalu lelah, jangan mengangkat barang berat, serta mengonsumsi asupan sehat.
  3. Takut bayi yang dikandung cacat. Kekhawatiran ini memang lumrah terjadi, namun selama Anda tidak terkena penyakit tertentu sebenarnya tak perlu khawatir Mams. Agar lebih tenang, Anda harus rajin cek kandungan sesuai jadwal, dan minta dokter untuk USG guna mengetahui kondisi Si Janin lebih detail. Di zaman teknologi canggih ini ketidaknormalan kondisi janin lebih cepat diketahui kok.
  4. Khawatir berat badan Anda tidak akan turun paska melahirkan. Tentu saja berat badan Anda akan meningkat secara signifikan di masa kehamilan. Namun Anda dapat menjaga agar berat badan tidak terlalu melonjak dengan pola hidup sehat, Mams. Perbanyak komsumsi sayur dan buah, air putih, juga hindari makanan berlemak tinggi. Olahraga ringan secara teratur juga wajib Anda lakukan. Nah Mams jika gaya hidup tersebut dipertahankan hingga kelahiran Si Kecil nanti maka berat badan serta bentuk tubuh Anda pasti kembali seperti semula.
  5. Takut tidak sengaja tidur tengkurap dan membahayakan janin. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir akan hal ini Mams. Di trimester pertama, janin masih memiliki ruang kok jika Anda tidak sangaja tertidur dengan posisi tengkurap. Di trimester kedua, saat perut Anda mulai membuncit, tubuh Anda akan bekerja seperti alarm. Dengan sendirinya ia merasa tidak nyaman dan secara otomatis meski sedang tidur, Anda akan menghindari posisi tersebut.
  6. Wajah akan berubah. Memang benar, banyak mamas yang wajahnya berubah seiring membesarnya usia kehamilan. Yang sering menjadi perhatian adalah hidung yang melebar akibat bobot Anda yang juga meningkat. Tapi Mams, kondisi ini hanya berlangsung di masa kehamilan saja kok. Setelah Si Kecil lahir nanti, wajah Anda akan berangsur kembali seperti sedia kala.
  7. Ketuban pecah di tempat umum. Hal ini memang bisa saja terjadi, tetapi biasanya sebelum ketuban pecah Anda akan merasakan kontraksi terlebih dahulu sehingga Anda bisa membatalkan kepergian ke tempat umum. Namun jika hal tersebut sampai terjadi, segera hubungi pihak keamanan setempat untuk membawa Anda ke rumah sakit. Tak perlu malu Mams, Anda sedang hamil sembilan bulan, semua orang pasti memaklumi kondisi Anda.
  8. Takut melahirkan. Memasuki trimester akhir, setiap mamas pasti memiliki ketakutan akan proses persalinan. Lumrah saja, proses satu ini memang tidak mudah. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang proses kelahiran bayi. Jalan kaki secara teratur guna membantu proses persalinan, dan yang juga ampuh untuk menenangkan diri Anda adalah berdoa. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares