Relationship

8 Etika Saat Bertemu Dengan Mertua

By  | 

Bertemu mertua mungkin salah satu hal yang wajib Anda lakukan setelah menikah, ada yang tiap dua minggu atau sebulan sekali. Nah, agar hubungan Anda dan mertua semakin harmonis,  ada beberapa etika yang wajib Anda tahu, Mams.

1. Memberi bingkisan. Saat berkunjung sempatkanlah membawa bingkisan. Tak perlu hadiah mahal, paling tidak bawakan makanan favorit yang disukai mertua Anda. Misalnya, membawakan martabak atau kue brownies cokelat sebagai teman minum teh.

2. Berikan pujian. Sesekali berikan pujian saat berkunjung. Puji dekorasi rumahnya hingga sajian yang sudah disiapkan. Dan saat sedang bersama mertua, sebaiknya Anda tidak asyik sendiri.

3. Mengajak bicara saudara ipar. Semua orang dalam keluarga tentu ingin diperhatikan. Jadi, perhatikan juga para ipar. Tanyakan tentang kegiatannya sehari-hari, hobi yang ia sukai, atau makanan kesukaannya.

4. Memuji pasangan di depan orangtua.
Ceritakan pada mereka sisi baik pasangan yang Anda kagumi. Bagaimana perilaku pasangan bisa membuat Anda terkesan dan jatuh cinta. Sang Mertua pasti akan senang mendengar hal baik tentang anak mereka.

5. Saling membantu. Saat berada di rumah mertua, jangan posisikan diri Anda sebagai tamu agung. Tawarkan bantuan mencuci piring ketika selesai makan, atau membereskan ruang makan. Lebih baik lagi jika Anda mampu berbaur dengan semua kegiatan keluarga tanpa harus merasa canggung.

6. Ikuti kebiasaan mereka. Setelah memasuki dunia pernikahan, ada baiknya Anda ikuti beberapa kebiasaan mereka. Misalnya, apakah mereka memiliki jadwal khusus untuk makan dan tidur siang. Untuk poin ini sebaiknya tidak membanding-bandingkan dengan keluarga Anda. Biarkan mereka melihat bahwa Anda sudah siap menjadi bagian dari keluarga mereka.

7. Manfaatkan kesempatan mengobrol bersama. Hindari pembicaraan yang bisa memojokkan Anda, namun jangan takut  membicarakan banyak hal dengan mereka. Jika tidak yakin Anda bisa memilih topik  ringan, cukup dengarkan saat mereka bercerita. Itu adalah salah satu cara bahwa Anda sangat memerhatikan mereka.

8. Mengucapkan terima kasih. Jangan pernah lupa mengucapkan kata terima kasih setiap kali akan pulang. Pastikan mereka tahu bahwa Anda sangat menikmati waktu bersama. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares