Mind

Tip Agar Tidak Stres Mengurus Rumah Tanpa ART

By  | 

Sebagai seorang ibu yang tidak memiliki Asisten Rumah Tangga (ART) jelas akan membuat Anda kewalahan, dan mungkin saja stres, Mams. Namun, ada banyak cara yang bisa di lakukan agar Anda tidak stres meski harus mengurus rumah tangga sekaligus menjaga anak di rumah. Berikut tip Smart Mama untuk Anda.

1. Saat Si Kecil tidur siang. Saat Si Kecil tidur siang, Anda bisa gunakan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya, misalnya, menyapu, mengepel lantai, atau menyetrika pakaian. Sambil menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, sesekali tengok Si Kecil untuk memastikan keadaannya.

2. Bersihkan sebisa mungkin. Banyaknya pekerjaan rumah tangga sekaligus mengurus Si Kecil bisa membuat beberapa pekerjaan terbengkalai. Cobalah membersihkan apapun semampu Anda. Misalnya sambil menunggu masakan matang, Anda bisa sambil mencuci piring atau mencuci pakaian di mesin cuci.

3. Kerjakan secara bertahap. Jangan kerjakan semua pekerjaan sekaligus. Karena ini dapat menimbulkan tubuh lelah dan memicu Anda untuk stres. Beri jeda sekitar 10-15 menit agar Anda tak kehabisan energi. Selama itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama Si Kecil atau sekadar menonton berita di televisi. Dengan beristirahat sejenak, tubuh akan kembali segar.

4. Biasakan terjadwal. Mungkin terdengar klise, namun hal ini sangat membantu agar pekerjaan selesai dengan tuntas dan efisien. Selain itu apa yang Anda lakukan bisa lebih tertata dan teratur.

5.Ganti kegiatan. Agar Anda tak mudah bosan, setiap berapa waktu sekali, usahakan mengubah jadwal kegiatan Anda. Dengan begitu Anda tidak jenuh dengan rutinitas dan bisa menyisipkan agenda-agenda dadakan dalam keseharian Anda. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares