Health

Hamil Lagi Saat Masih Menyusui

By  | 

Life is full of surprises ya Mams, terkadang yang terjadi tidak sesuai perencanaan. Dan beberapa smart mama mengalaminya kala mereka dinyatakan hamil padahal masih memiliki bayi yang tentunya masih mengonsumsi ASI. Lalu apakah mama harus berhenti menyusui? Jawabannya no Mams, Anda masih tetap bisa menyusui kok, tetapi lakukan hal berikut agar Si Kecil tetap bisa menyusui dengan lancar dan janin dalam kandungan Anda serta diri Anda sendiri tetap sehat.

  1. Perhatikan asupan gizi Anda. Hal utama yang harus Anda lakukan adalah memerhatikan asupan. Dalam hal ini Anda harus memikirkan gizi tiga orang yakni Si Kecil, Si Janin, dan diri Anda sendiri. Mau tidak mau Anda harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi maksimal. Setiap kali Anda makan, menu makanan Anda harus kaya protein, karbohidrat, vitamin juga mineral tinggi. Guna menjaga kestabilan berat badan, pilih karbohidrat yang mudah dicerna seperti nasi merah atau roti gandum, juga protein rendah lemak. Namun jangan kurangi asupan Anda ya Mams.
  2. Jaga hidrasi tubuh. Si Kecil yang masih menyusui akan menyerap cairan dalam tubuh Anda. Sementara Anda yang tengah hamil juga harus kerap terhidrasi. Oleh karena itu, minum air putih sebanyak-banyaknya. Saat Anda keluar rumah jangan lupa membawa air putih. Jus tanpa gula juga dapat dijadikan pilihan, namun hindari minuman berkafein juga soda ya Mams.
  3. Asupan serat. Wajib bagi Anda untuk konsumsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak dari biasanya. Penyerapan melalui ASI yang dilakukan Si Kecil serta janin melalui plasenta akan memicu sembelit. Asupan serat maksimal akan membantu Anda mengatasi problema tersebut.
  4. Hindari mengangkat barang berat. Bagi sebagian wanita hamil, mengangkat barang adalah hal yang wajar. Tetapi untuk Anda sebaiknya hindari hal tersebut, pasalnya beban tubuh Anda sudah terlalu berat. Selain itu hindari juga menggendong Si Kecil terlalu sering. Minta pasangan yang melakukannya sementara waktu.
  5. Konsultasi lebih intensif. Dengan kondisi Anda yang hami sekaligus menyusui Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan secara intensif. Tanyakan hal penting yang harus Anda lakukan dan Anda jaga. Biasanya dokter juga akan aware dengan kondisi ‘spesial’ tersebut dan memberikan Anda vitamin serta obat penguat yang diperlukan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares