Mind

Me Time untuk Single Mama

By  | 

Karena berbagai faktor, banyak para mama yang menjadi orangtua tunggal ketika masih memiliki balita. Dan mengurus balita tanpa partner pasangan tentu tidak mudah. Anda akan sering merasa kelelahan baik secara fisik maupun mental apabila tidak pandai menyiasati hal tersebut. Nah, salah satu cara untuk terhindar dari hal ini adalah memanfaatkan waktu ‘me time’ semaksimal mungkin. Berikut Smart Mama berikan tip agar Anda bisa menggunakan ‘me time’ dengan tepat.

1. Bangun tidur lebih pagi. Anda mungkin berpikir, bagaimana mungkin Anda bisa bangun tidur lebih cepat sementara semalam Anda harus begadang karena Si Kecil rewel. Hmm…walau terdengar klise, Anda akan merasakan manfaatnya lho. Cobalah rutin menyalakan alarm pada pukul 05.00 selama seminggu berturut-turut, saat akhir pekan sekaligus. Nah, sebelum Anda mulai rutinitas termasuk memandikan atau menyiapkan bekal Si Kecil misalnya, gunakan waktu ini untuk ‘me time’, contohnya meditasi, mendengarkan musik, atau menulis diary.

2. Tidur di jam yang sama setiap hari. Yang satu ini juga perlu Anda jalani, Mams. Biasakan Si Kecil untuk memiliki jam tidur yang sama setiap hari, sehingga 30 menit kemudian Anda juga bisa langsung tidur. Bila konsisten melakukannya, maka Anda bisa bangun lebih pagi tiap hari, bukan?

3. Beri waktu Anda ‘libur’ seminggu sekali. Bila Anda memiliki pengasuh, minta ia menemani Si Kecil lebih lama setidaknya sekali dalam seminggu. Misalnya, bila sepulang kantor, Si Kecil langsung Anda urusi, di hari Jumat, Anda boleh menonton televisi dua jam tanpa gangguan Si Buah Hati yang bermain bersama Si Mbak.

4. Manfaatkan waktu mandi. Berapa lama Anda mandi? Mungkin 15-20 menit ya? Yuk, pakai waktu ‘pribadi’ ini untuk lebih relaks. Contohnya berlama-lama merasakan semburan air hangat di shower atau berendam sambil bermain sabun beraroma lembut.

5. ‘Berkencan’ dengan diri sendiri. Apakah Anda sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya? Bila belum, coba deh, Mams. Tak usah Anda pikir ini seperti kencan sesungguhnya yang membuat Anda harus makan malam romantis di bawah temaram lilin. Cukup dengan nonton film favorit di bioskop atau menikmati pasta di restoran Italia yang baru buka di daerah Anda. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares