Health

Sugar Rush: Mitos atau Fakta?

By  | 

Banyak mamas bertanya, benarkah asupan gula berlebihan dapat menyebabkan Si Kecil lebih aktif dan sulit berkonsentrasi? Para ahli tak membantah hal tersebut, namun ternyata dampaknya pada setiap anak juga dapat berbeda. Malahan penelitian terbaru mengatakan ada benarnya anak-anak akan lebih aktif saat berada di pesta yang menyajikan aneka kudapan manis. Namun hal tersebut lebih kepada ia merasa excited ketimbang akibat konsumsi banyak gula. Lalu manakah yang benar? Yuk simak pembahasan Smart Mama berikut.

Hubungan antara Gula dengan Anak Hiperaktif

Menurut Dr. David Ludwig, dokter anak dari Harvard Medical School, konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kadar gula dalam darah sangat meningkat dan kemudian langsung drop. Hal ini menyebabkan energi anak cenderung berlebihan dan sulit berkonsentrasi. Namun untuk mencapai kadar hiperaktif masih harus dibuktikan lebih lanjut, karena bisa jadi faktor lingkungan lah yang menyebabkan ia menjadi super aktif, misalnya terlalu excited.

Sensitivitas yang Berbeda

Berdasarkan penelitian William Sears, seorang dokter anak yang juga penulis buku The Family Nutrition Book menemukan bahwa setiap anak memiliki kadar sensitivitas berbeda terhadap asupan gula. Sears menemukan bahwa anak yang berasal dari keluarga yang sama dan mengonsumsi kadar gula sama pun memiliki reaksi berbeda. Ada yang sangat aktif setelah diberi asupan makanan manis, ada juga yang tetap fokus seperti sedia kala.

Solusi

Terlepas dari benar atau tidaknya fenomena sugar rush, membatasi kadar gula dalam tubuh anak merupakan langkah tepat dan cerdas. Berdasarkan beberapa penelitian, gula dapat menimbulkan keengganan pada anak mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur. Dengan membatasi asupan gula pada anak, paling tidak Anda menjaga kesehatan gigi Si Kecil serta mencegah obesitas. Kedua hal tersebut telah diteliti dengan baik, dan terbukti gula memang berkontribusi langsung dalam merusak gigi dan menyebabkan berat badan melonjak. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares