Parenting

Tip Minimalisasi Drama Saat Si Kecil Berkunjung ke Dokter

By  | 

Bila saat masih bayi Si Kecil tenang saja diajak ke dokter, memasuki usia toddler ia mulai menyadari rutinitas kunjungan ke dokter anak yang biasanya memiliki agenda imunisasi. Nah biasanya Si Kecil akan merasa sedikit trauma dan sangat sulit untuk kembali diajak ke dokter. Untuk mengurangi drama saat kunjungan ke dokter, lakukan hal ini:

  • Dampingi Si Kecil. Kehadiran Anda sangat berarti baginya, oleh karena itu peluk dan tenangkan saat ia sedang diperiksa atau kala imunisasi. Kehadiran Anda akan membuat Si Kecil lebih tenang dan merasa nyaman.
  • Role play. Bermain peran juga dapat dicoba lho Mams. Misalnya minta ia memeriksa dan menyuntik boneka kesayangannya sambil menerangkan bahwa suntikan tersebut sangat berguna untuk kesehatan. Dengan begitu Si Kecil akan merasa imunisasi adalah hal yang biasa dilakukan.
  • Hindari mengatakan: Jangan takut atau jangan menangis. Hal tersebut justru membuat tangisannya semakin keras. Lebih baik Anda katakan “Ini akan sedikit sakit ya, tetapi akan segera hilang kok rasa sakitnya.”
  • Bawa boneka atau mainan favoritnya. Dengan membawa boneka biasanya Si Kecil akan merasa memiliki teman untuk dipeluk saat ia merasa takut. Mainan tersebut juga dapat mengalihkan perhatiannya sehingga ia lupa akan rasa takutnya.
  • Ajak Sang Kakak. Jika ia memiliki seorang kakak ada baiknya ia ikut serta menemani Sang Adik ke dokter. Biasanya anak lebih tenang jika ada Sang Kakak disampingnya. Apalagi sambil bercerita kalau dulu ia pun harus diimunisasi, sehingga Si Kecil mendapatkan role model. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares