Beauty & Style

Tip Pilih Jeans Sesuai Bentuk Tubuh

By  | 

Salah satu items favorit ini memang wajib Anda punya. Tapi, jangan ‘asal’ membeli, kenali dulu tubuh Anda agar lebih nyaman dan pantas saat mengenakannya.
Ada yang mengatakan jeans membuat Anda terlihat gemuk, ada juga yang mengatakan bahannya terlalu tebal dan kaku sehingga tidak nyaman dipakai. Tapi dengan memakai jeans tepat, tentu rasa percaya diri akan meningkat. Apalagi, sekarang ini jeans memiliki model potongan yang bervariasi dan banyak pilihan warna selain biru dan dark navy. Makin seru, kan, Mams?

Berikut adalah empat tipe tubuh yang paling sering dijumpai:

1. Tipe Apel
Tipe tubuh ini memiliki bahu lebar dan payudara besar. Tantangannya ada di pinggul yang kecil dan pinggang yang lekukannya tak terlihat. Agar ilusi pinggang lebih jelas terlihat, boot cut jeans adalah pilihan paling sesuai. Potongannya akan memberikan keseimbangan pada proporsi tubuh Anda. Jika Anda memiliki paha kecil, sebaiknya kenakan jeans berwarna muda atau terang karena jika memakai jeans berwarna gelap, pinggul akan semakin terlihat kecil.

2. Tipe Pir
Pinggul dan paha yang lebar adalah ciri-ciri tipe pir. Kebalikan dari tipe apel, tipe pir memiliki bahu sempit dan payudara kecil. Bagian yang lebar adalah bagian bawah tubuh. boot cut jeans cocok digunakan untuk tipe ini karena bagian bawahnya yang sedikit melebar membantu untuk menyeimbangkan panggul dan paha yang lebar. Pilihan lainnya adalah straigh leg jeans atau jeans berpipa lurus yang akan memberi ilusi agar Anda terlihat lebih tinggi.

3. Tipe Jam Pasir
Tipe jam pasir adalah tipe yang banyak membuat iri wanita. Payudara dan panggul memiliki lebar sama dengan proporsi wajar. Namun, tipe jam pasir memiliki pinggang kecil. Terkadang sulit untuk membuat siluet ramping jika Anda menggunakan busana yang body-fit atau pas badan karena lekukan-lekukan itu. Untuk menyeimbangkan panggul yang lebar, Anda bisa memakai boot cut jeans atau wide leg jeans yang modelnya lurus dari panggul ke lutut, lalu melebar dari lutut ke bawah.

4. Tipe Persegi Panjang
Tipe tubuh ini tampak seperti pria yang tidak memiliki lekuk pinggang yang begitu kentara, serta pinggul, dan payudara kecil. Namun, tipe persegi panjang ini yang paling gampang memakai berbagai macam tipe celana jeans. Fokuskan untuk menciptakan ilusi pinggang yang memiliki lekukan dan juga menambah volume di bagian belakang. (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares