Health

Mengenal Gerakan Bayi dalam Kandungan

By  | 

Sebagai calon mama tentu saja Anda merasa excited sekaligus sering khawatir dengan kondisi bayi di dalam kandungan, termasuk gerakan yang dilakukannya. Terlalu aktif maupun pasif tentu menjadi pertanyaan bagi Anda. Untuk itu, Smart Mama akan membahas seputar baby moving untuk Anda.

Kapan Bayi Mulai Bergerak?
Biasanya bayi dalam kandungan mulai bergerak saat kehamilan mencapai usia 18-20 minggu. Tetapi biasanya first time mom tidak menyadari hal tersebut karena kerap merasa bingung mengidentifikasi gerakan Si Kecil. Jika Anda tidak merasakan gerakan apapun hingga usia kandungan 24 minggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

Apa yang Dilakukan Bayi di Dalam Kandungan?

Setelah merasakan gerakan, Anda tentu penasaran ya Mams, apa sih yang ia lakukan di dalam sana? Ternyata sejak dalam kandungan bayi Anda sudah bisa cegukan serta menggerakkan tangan dan kakinya. Ia juga sudah dapat menggerakkan kepala, menyentuh wajahnya dengan tangan, serta stretching. Ia juga sudah dapat menggerakkan kedua bola matanya serta menghisap ibu jarinya. Sangat menggemaskan!

Berapa Kali Ia Bergerak dalam Sehari?

Setiap anak berbeda-beda, ada yang sering bergerak ada juga yang tidak. Jadi tidak ada angka yang pasti mengenai gerakan Si Kecil. Yang harus Anda lakukan adalah membaca pola gerakannya sejak awal. Semakin besar ia tumbuh dalam kandungan semakin mudah bagi Anda mempelajari ritme pergerakan Si Kecil sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui jika ada perubahan.

Jika Si Kecil Tidak Bergerak
Anda sudah mempelajari ritme gerakan Si Bayi, namun tiba-tiba si hari tersebut Anda tidak merasakan gerakannya. Tentu saja Anda panik ya Mams, namun jangan khawatir berlebihan dulu, coba pancing ia untuk bergerak dengan cara ini:
. Duduk relaks sambil menikmati camilan. Jika seharian Anda aktif bergerak bisa jadi Si Kecil merasa terlalu nyaman serasa diayun-ayun sehingga ia tidur seharian. Saat Anda berhenti bergerak dan menikmati makanan, ia akan merasakan perubahan yang memicunya untuk bangun.
. Minum air dingin. Si Bayi akan merasakan temperatur yang dingin di zonanya, sehingga ia mencoba bergerak menjauhi suhu dingin tersebut.
. Nyalakan musik yang keras dan lihat responsnya. Kemungkinan ia akan terpancing untuk bergerak.

Kunjungi Dokter Jika…
Anda harus segera mengunjungi dokter jika berbagai pancingan sudah Anda lakukan namun ia tidak juga bergerak. Atau Si Kecil tidak merespons saat Anda berbaring miring selama dua jam. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares