Parenting

Si Kecil dan Benda Kesayangannya

By  | 

Seringkali Si Kecil enggan melepas benda kesayangannya. Ke mana-mana ia akan membawa benda kesayangannya, seperti selimut atau boneka. Apakah buah hati Anda begitu juga? Kebiasaan ini biasanya mulai timbul saat Si Kecil berusia 2 tahun. Baginya, benda-benda tersebut memberikan rasa nyaman, Mams. Benda tersebut juga bisa memberikan rasa aman saat si Kecil mulai merasa takut, terhadap kegelapan atau terhadap orang tak dikenal misalnya.
 
Umumnya, Si Kecil akan mulai meninggalkan benda-benda tersebut pada usia 3-5 tahun, walau kadang ia tetap masih akan memeluknya sesekali terutama saat ia merasa tertekan. Rasa kedekatan Si Kecil dengan benda-benda kesayangannya tersebut jarang menjadi sesuatu yang abnormal. Meski demikian, Mama perlu tetap mengawasinya, apalagi bila ia lebih memilih memeluk benda favoritnya dibandingkan mainan lainnya, tidak mau beraktivitas di luar rumah, atau pun tidak mau bermain dengan teman sebayanya. Bila hal ini sampai terjadi, Anda perlu menemukan penyebab utamanya. Cari tahu, apakah faktor situasi di rumah, dengan teman sebaya, atau masalah lain yang mungkin terkait dengan pengasuhnya.
 
Benda-benda favoritnya itu biasanya memiliki tekstur dan bau yang sangat Si Kecil kenali, sehingga mampu membantunya merasa nyaman. Kadang balita tidak peduli dengan penampilan benda tersebut, yang penting adalah tekstur dan baunya. Walau bagaimanapun, keakrabannya dengan benda-benda tertentu merupakan salah satu aspek dalam perkembangan masa kanak-kanak yang tak perlu dikhawatirkan sepanjang itu tidak mengganggu perkembangannya, termasuk perkembangan sosialnya.
 
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Si Kecil tidak terlalu terikat dengan benda kesayangannya ini, seperti:

  • Jangan memaksa Si Kecil langsung melepaskan benda favoritnya.
  • Berikan batasan waktu, misalnya minta ia membawa bonekanya hanya di dalam rumah tidak boleh ke mana-mana, atau hanya boleh di dalam kamar. Anda bisa membujuknya dengan mengatakan, “Selimut ditinggal  di kamar saja, ya, supaya tidak kotor dan tidak hilang.”
  • Berikan tempat khusus meletakkan barang kesayangannya saat Si Kecil bermain di luar. Agar ia merasa nyaman mengetahui benda kesayangannya tersebut berada di tempat aman.
  • Jadwalkan waktu mencuci benda favorit Si kecil untuk menjaganya tetap bersih.
  • Bila memungkinkan, beli benda yang sama dua buah Jadi bila salah satu kotor, berikan yang masih bersih saat yang kotor dicuci.
  • Alihkan perhatian Si Kecil agar tak selalu bermain dengan benda favoritnya, misalnya ajak bermain puzzle, membangun mainan, melukis, dan lain sebagainya.
  • Berikan pelukan sesering mungkin, agar ia merasakan bahwa ada hal lain yang lebih membuatnya merasa nyaman dibandingkan dengan benda favoritnya tersebut, yaitu pelukan Anda, Sang Mama. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares