Mind

Q&A: Mengatasi Rasa Malas yang Kerap Melanda

By  | 
Q: Entah apa penyebabnya, belakangan ini seringkali saya merasa malas melakukan apapun. Rasanya setiap ingin melakukan sesuatu, ada saja yang membuat saya menunda untuk mengerjakannya. Apa yang harus saya lakukan?
Wina, 27 tahun, mama dari Anya, 2 tahun
 
A: Tentunya setiap orang pernah mengalami satu momen ketika ia tidak ingin melakukan apapun di hari itu. Hal itu wajar saja sih, Mamas, asal tidak berlarut-larut. Berikut  trik dari Smart Mama agar Anda bisa lebih produktif meski rasa malas melanda.
 
Cari tahu masalahnya. Cari tahu apa yang jadi alasan sehingga Anda begitu malas melakukan apapun. Caranya dengan melakukan satu hal yang benar-benar diinginkan selama 30 menit tanpa berhenti. Kalau Anda bisa menyelesaikan setengah perjalanan dan merasa terus bersemangat menyelesaikannya, maka Anda memang tengah dilanda rasa malas. Tapi saat Anda bahkan tak mampu menyelesaikannya hingga setengah perjalanan, Anda mungkin tengah memiliki masalah lain yang membuat Anda sulit berkonsentrasi.
 
Berpikir positif. Memiliki pemikiran negatif  sebelum melakukan sesuatu efeknya sangat berpengaruh lho, Mams. Seperti misalnya, “Saya tak mau melakukan ini karena sepertinya sangat sulit”. Sebaiknya hilangkan pikiran negatif dari diri Anda. Daripada berpikir negatif, lebih baik katakan hal positif seperti, “Ini pilihan saya, dan saya bertanggung jawab  menyelesaikannya”, atau, “Saya pasti bisa mengerjakan hal itu, karena saya memang mampu!”. Kata-kata positif tersebut bisa jadi pengontrol situasi mood Anda untuk segera beraktivitas.
 
Manfaat / hasil yang didapat. Salah satu alasan kita menjadi malas karena kita hanya melihat kesulitan dari tugas yang ada tanpa memikirkan manfaat yang akan didapatkan ketika kita menyelesaikannya. Jadi fokuskan pikiran Anda pada manfaat bukan kesulitan.
 
Konsekuensi. Pikirkan tentang apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukannya, tentang kerugian yang akan didapat jika Anda tidak melakukan hal-hal tersebut. Dan apa konsekuensinya jika Anda tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan?
 
Buat skala prioritas. Buat to-do list Anda di hari itudan tentukan tig hal utama yang skala prioritasnya paling tinggi. Selesaikan tiga hal tersebut, dan setelah selesai, lakukan tiga hal yang lain dengan skala prioritas seperti tadi. Melihat tumpukkan pekerjaan yang tak Anda selesaikan dengan segera justru jadi permasalahan utama Anda untuk menjalankan hari dengan semangat.
 
Reward yourself. Bangkitkan semangat Anda dengan sebuah reward. Saat tugas selesai, beri diri Anda hadiah. Hal seperti justru akan membangkitkan semangat Anda, lho, Mams. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares