Health

Mengenal Celiac Disease

By  | 

Mamas, pernahkah Anda mendengar tentang celiac disease? Nah, saat Si Kecil seringkali merasa tidak nyaman pada bagian perutnya, jangan menganggap enteng Mams. Ketahui mengenai penyakit satu ini lebih dini, yuk.

Pengertian Celiac Disease

Celiac disease adalah gangguan auto imun terkait genetik yang dapat memengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Bagi pengidap celiac disease, makan beberapa jenis produk bahan pangan yang mengandung gluten, dapat memicu respons imun yang menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Hal ini dapat mengganggu kemampuan usus kecil dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan, sehingga dapat menyebabkan kekurangan gizi dan berbagai komplikasi lainnya. Gluten sendiri banyak terkandung dalam gandum, barley, rye, dan beberapa biji-bijian.

Gejala

Gejala yang dapat Anda kenali bila Si Kecil mengidap celiac disease adalah bila mengalami nyeri pada perut, perut kembung, diare, dermatitis herpetiformis, tinja yang berbau busuk, mual, muntah, obesitas, atau bahkan tanpa gangguan sama sekali.   Penyebab Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti celiac disease. Namun penyakit ini dapat timbul bila mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, seperti roti, pasta, kue, atau makanan lain yang berbahan dasar gandum.

Penyakit ini tidak menular, tetapi merupakan penyakit turunan. Apabila di dalam keluarga Anda ada yang mengidapnya, maka kemungkinan Si Kecil juga dapat mengidap penyakit ini.  

Penanganan

Konsultasikan pada dokter bila Si Kecil mengalami gejala-gejala seperti disebutkan di atas. Beberapa penyakit lain juga mengalami gejala sama, sehingga untuk mendiagnosa celiac disease, dibutuhkan tes darah yang spesifik atau biopsi usus kecil. Prosedur biopsi ini dianggap sebagai tes paling akurat. Tidak ada obat untuk gangguan ini, satu-satunya obat yang efektif adalah melakukan diet bebas  gluten. Namun, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mencoba diet bebas gluten ini ya. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)       

Shares