Health

Atasi Keringat Berlebih Kala Hamil

By  | 

Wanita hamil memang kerap merasa kepanasan, padahal AC dalam ruangan sudah bersuhu rendah, tetap saja ibu hamil mengeluarkan keringat. Apalagi jika hari panas, Anda akan merasakan hot flush yakni keringat berlebih di seluruh tubuh. Hal tersebut memang wajar terjadi Mams to be, khususnya yang telah memasuki kehamilan trimester tiga. Tetapi tentu saja hal tersebut membuat Anda kurang nyaman ya Mams, selain kepanasan Anda juga akan merasa aroma tubuh kurang sedap dan ujung-ujungnya Anda menjadi bad mood.

Penyebab Keringat Berlebih
Segala perubahan yang terjadi saat hamil tentunya akibat perubahan hormon dalam tubuh Anda. Saat sperma bertemu sel telur Anda, salah satu bagian dalam otak yang mengatur kestabilan suhu tubuh atau hypothalamus menjadi berubah sehingga memengaruhi suhu tubuh menjadi lebih meningkat.
Dan meskipun kerap mengalami keringat berlebih saat memasuki trimester tiga namun sebenarnya sejak trimester satu hingga paska melahirkan suhu tubuh Anda akan meningkat. Tetapi memang di trimester tiga peningkatan suhu tubuh Anda lebih melonjak seiring dengan kenaikan berat badan yang cukup signifikan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?
Keringat berlebih pada wanita hamil memang tidak bisa dihindari namun Anda dapat mereduksinya dengan cara berikut:

  • Jaga hidrasi tubuh Anda. Minum air putih yang banyak akan membuat tubuh Anda lebih segar karena keringat yang mengucur tergantikan dengan asupan air putih yang cukup.
  • Hindari udara panas. Ada baiknya Anda menghindari sinar matahari di siang hari karena panasnya sangat menyengat dan membuat keringat Anda semakin berlebih. Jika memungkinkan lakukan olahraga indoor misalnya yoga atau pilates. Apabila Anda memilih jalan kaki atau berenang lakukan saja di sore hari saat terik matahari sudah tidak terlalu mencolok.
  • Gunakan baju nyaman yang menyerap keringat. Pilih bahan ringan seperti kaus yang longgar. Hindari bahan tebal atau pakaian yang terlalu ketat agar Anda senantiasa nyaman.
  • Bawa bedak kemanapun Anda pergi. Talc powder juga dapat dijadikan pilihan untuk mereduksi keringat yang mengucur dan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Bawa saja kemanapun Anda pergi untuk digunakan saat merasa kepanasan.
  • Hindari minuman panas dan makanan pedas. Minuman yang terlalu panas misalnya wedang jahe atau teh panas akan membuat produksi keringat semakin berlebih. Juga makanan yang pedas, maka dari itu hindari mengonsumsi kedua jenia asupan tersebut. Pilih saja minuman bersuhu sedang dan makanan yang tidak pedas. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares