Health

8 Buah yang Dianjurkan Dikonsumsi Ibu Hamil

By  | 

 Sepanjang kehamilan, dokter kandungan dan lingkungan terdekat seperti pasangan dan keluarga sudah pasti akan ‘mengawasi’ nutrisi apa saja yang masuk ke tubuh Anda. Anda akan cenderung lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan diasup, termasuk buah-buahan. Nah, Mams to be, sebenarnya hampir semua buah baik untuk Anda konsumsi, namun ada beberapa buah yang porsinya bisa lebih diperbanyak karena memiliki banyak manfaat untuk kehamilan Anda. Berikut 8 jenis buah yang dianjurkan untuk Anda asup selama mengandung.

1. Pisang. Biasanya dokter akan merekomendasi Anda untuk makan buah berkulit kuning atau hijau ini setiap hari pada saat trimester pertama kehamilan. Pisang kaya akan asam folat, vitamin C, B6, potasium, dan magnesium. Selain itu, pisang juga baik untuk mengatasi konstipasi yang kerap muncul saat mengandung.(Baca : Konstipasi Saat Hamil dan Solusinya)

2. Jambu biji. Anda beruntung tinggal di Indonesia dan dengan mudah dapat menemukan buah satu ini. Jambu biji mengandung vitamin C, E, karoten, polyphenol, dan iso-flavonoid yang juga baik untuk sistem kekebalan tubuh dan menjaga tekanan darah tetap stabil saat hamil.

3. Apel. An apple a day, keeps a doctor away. Ungkapan ini tentu sudah tidak asing di telinga kita ya, Mamas? Memang, buah satu ini kaya akan vitamin A, E, D, dan juga seng serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Janin dalam kandungan Anda. Tak hanya itu, dengan rutin makan apel saat hamil, ternyata dapat mengurangi risiko Si Kecil mengalami asma dan eksim di masa depannya.

4. Kiwi. Buah bercitarasa asam manis ini memiliki kandungan Vitamin C, E, A, potasium, magnesium, asam folat, dan serat. Jika Anda rajin makan kiwi setiap hari, maka risiko Anda cenderung rendah untuk terserang batuk dan flu yang rentan dialami ibu hamil.

5. Semangka. Buah berwarna daging merah atau kuning ini merupakan sumber vitamin A, C, B6, magnesium, potasium, serta serat. Mengonsumsi semangka di trimester terakhir kehamilan akan membantu mengurangi heart burn dan mengurangi kram otot.

6. Delima. Bisa dibilang, buah satu ini adalah ‘hadiah alam’ bagi wanita hamil. Tak heran, ada beberapa suplemen kehamilan yang menjadikan delima sebagai salah satu bahan dasarnya. Delima mengandung kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin C.

7. Beri. Berbagai jenis beri seperti stroberi, cranberi, dan blueberi merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan serat tinggi serta masuk dalam golongan superfood yang baik untuk kehamilan Anda.

8. Jeruk. Kaya akan vitamin C, B6, serat, karbohidrat, kalsium, dan potasium. Rasanya yang segar cocok untuk membantu mengurangi mual dan morning sickness yang lazim Anda alami di tiga bulan pertama kehamilan. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares