Interior Design

Ingin Karpet Bersih dan Awet? Ini Rahasianya

By  | 

Selain sebagai alas lantai, karpet juga berguna untuk mempercantik lantai rumah Anda. Namun karena diletakkan di lantai dan bahannya yang terbuat dari serat kain, kita harus merawat dan membersihkannya secara rutin ya, Mamas. Membersihkan karpet secara berkala, bertujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada serat karpet. Karpet yang dalam waktu lama tidak dibersihkan bisa menjadi sarang kuman, kutu penyebab alergi, dan penyakit yang berbahaya bagi keluarga dan terutama Si Kecil. Perawatan berkala juga menjadi cara mengurangi risiko warna karpet menjadi pudar. Sebagai panduan, berikut 7 tip merawat karpet agar tetap bersih dan indah.
1. Lakukan penyedotan debu minimal dua kali seminggu. Semakin sering orang berlalu-lalang di ruang tersebut, semakin sering pula pembersihan karpet harus dilakukan. Pembersihan dapat dilakukan dengan vacuum cleaner atau penghisap debu.
2. Ketika membersihkan karpet, sebaiknya perhatikan jenis vacuum cleaner yang Anda gunakan. Untuk meminimalkan debu dan kotoran mikro penyebab alergi, sebaiknya pilih vacuum cleaner dengan penyaring berjenis high efficiency particulate arresting (HEPA).
3. Sebisa mungkin cuci secara berkala, minimal enam bulan sekali. Gunakan mesin cuci dan detergen khusus karpet. Jika pembersihan dilakukan manual, gunakan selang air bertekanan tinggi yang disemprotkan ke karpet.
4. Ketika Anda membersihkan karpet, hindari menyikat karpet terlalu keras karena akan merusak serat karpet. Bila karpet Anda terkena noda, segera bersihkan. Jangan tunggu sampai noda mengering. Semakin lama noda menempel di karpet, akan semakin sulit dibersihkan.
5. Untuk menghilangkan noda yang tampak jelas, sebisa mungkin gunakan pembersih buatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan di rumah. Campuran detergen, cuka, dan air hangat merupakan pilihan cocok untuk membersihkan permadani dan karpet bulu yang sensitif.
6. Untuk mengatasi bau tidak sedap, terutama bau hewan peliharaan dan bau rokok, taburi permadani dan karpet bulu dengan bedak bayi. Diamkan semalaman agar bedak menyerap bau, lalu sedot sisa-sisa bedak memakai mesin pengisap debu.
7. Warna karpet akan mudah pudar bila terkena paparan sinar matahari terus menerus dalam jangka waktu lama. Atur ulang posisi karpet Anda bila sebagian karpet terlalu lama terkena cahaya matahari. (Tammy/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares