Health

Manfaat Pilates bagi Tubuh Anda

By  | 

Mamas, akhir-akhir ini saya banyak bertemu teman-teman lama yang tampak jauh lebih segar dan langsing. Padahal berdasarkan penglihatan saya, wanita yang langsing karena diet ketat seringkali justru tampak kurang fresh. Ternyata rahasia mereka adalah pilates, dan tak hanya lebih langsing serta terlihat segar, ternyata olahraga satu ini juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa saja benefit dari mengikuti kelas pilates? Yuk simak!

  • Melatih keseimbangan tubuh. Salah satu manfaat terbesar pilates adalah melatih keseimbangan tubuh Anda. Karena latihan pilates fokus pada otot perut, maka dengan rutin berlatih pilates Anda dapat meningkatkan keseimbangan di seluruh tubuh. Jika tadinya reaksi tubuh agak lamban, kini refleks tubuh Anda akan lebih cepat sehingga mengurangi risiko cedera.
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Berlatih pilates dapat melancarkan peredaran darah serta meningkatkan oksigen dalam tubuh sehingga Anda pun berisiko lebih kecil tertular penyakit meskipun di sekitar Anda banyak orang yang sedang mengidap penyakit seperti flu. Dan tentu saja membuat tubuh Anda lebih
  • Menstabilkan berat badan. Pilates memang sangat efektif bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal. Namun tentunya harus diimbangi pola makan sehat. Tak hanya berat badannya saja, namun bentuk tubuh Anda juga menjadi lebih ideal.
  • Meningkatkan daya ingat dan fokus. Berlatih pilates memaksa Anda fokus pada gerakan yang berdampak terasahnya fokus serta daya ingat Anda. Dengan pilates Anda menjadi lebih konsentrasi terhadap segala hal. Di dalam pilates kerap terselip beberapa gerakan seperti meditasi.
  • Memperbaiki postur tubuh. Bagi Anda yang berpostur tubuh kurang ideal misalnya bungkuk, Anda dapat memperbaikinya dengan rutin berlatih pilates. Latihan ini dapat menjaga anatomi tulang belakang Anda tetap lurus.
  • Meredakan nyeri pada otot. Jika Anda seringkali mengalami nyeri otot atau persendian, segera ikuti kelas pilates. Gerakan dalam pilates yang fokus pada anatomi tubuh dapat mengembalikan otot dan persendian sesuai tempatnya.
  • Meningkatkan kelenturan. Dengan rutin latihan pilates otot-otot tubuh Anda akan meregang dan dengan sendirinya fleksibilitas tubuh akan meningkat. Misalnya jika dulu Anda merasa kaku saat menekuk kaki atau melakukan gerakan kayang, kini tubuh Anda akan jauh lebih ringan dan lentur. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares