Relationship

Tip Menjaga Keromantisan Saat Hamil

By  | 

Sudah menjadi rahasia umum ya, Mamas, kehamilan Anda akan memengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk hubungan dengan suami. Morning sickness hingga mood swing yang terjadi sepanjang kehamilan kerap membuat Anda bete dan menumpahkan kekesalan pada suami, bukan? Nah, agar keharmonisan dan keromantisan sepanjang sembilan bulan kehamilan terus terjaga, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Seperti yang saya dan suami lakukan waktu hamil 4 tahun lalu. Kami menyempatkan untuk babymoon ke Bandung selama 3 hari. Apa lagi tip lainnya? Simak saran Patty Brisben,  CEO and Founder of Pure Romance dari www.pureromance.com.

1. Selalu utamakan komunikasi. Komunikasi dengan pasangan merupakan salah satu kunci keharmonisan sebuah rumah tangga. Apalagi ketika hamil, Anda butuh dukungan suami lebih banyak karena berbagai perubahan fisik dan mental membuat Anda jadi lebih mudah lelah dan cenderung emosional. Ungkapan semua hal yang Anda rasakan pada pasangan guna menghindari kesalahpahaman yang bisa memicu pertengkaran ya, Mamas to be.

2. Jangan takut bercinta. Banyak wanita yang takut berhubungan seks, khususnya di trimester pertama. Padahal, selama kehamilan tidak bermasalah, Anda dan pasangan diperbolehkan lho untuk tetap bercinta di awal kehamilan ini. Bagaimana caranya? Smart Mama sudah pernah menuliskannya untuk Anda. (baca : Trik Bercinta ‘Panas’ di Trimester Pertama).

3. Jaga keintiman. Intim tidak harus selalu berhubungan seks ya, Mamas. Bila memang Anda tak ingin bercinta, bicarakan saja pada suami. Namun jaga selalu keintiman dengan beberapa cara misalnya, berpelukan sambil menonton film romantis, meminta pasangan memijat lembut punggung dan kaki Anda, atau sekadar berpegangan tangan sambil tiduran.

4. ‘Pupuk’ cinta Anda berdua. Saat hamil, prioritas utama Anda berdua tentu saja bayi di dalam kandungan. Namun, setiap hari isi percakapan Anda jangan hanya melulu soal Si Janin ya. Ingat juga untuk membahas keseharian Anda dan pasangan ya. Mulai dari hal simpel seperti apa menu makan siang Anda berdua di kantor hingga bagaimana hari yang Anda lalui. Perhatian-perhatian kecil seperti ini bisa menguatkan cinta kalian, lho.

5. Ingat untuk berkencan. Selain babymoon, tak ada salahnya Anda menyediakan waktu berkencan setidaknya sebulan sekali. Tapi, ingat ya, tempat kencan Anda sekarang sudah terbatas. Anda tak bisa lagi berlama-lama di kafe yang penuh asap rokok atau hingar bingar musik yang memekakkan telinga. Pilihlah restoran ramah keluarga yang bebas asap rokok atau boleh juga Anda menonton bioskop, tapi jangan pilih yang midnight (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares